Sukses

John Cooper Works, Nama di Balik Prestasi MINI

Layaknya divisi tuning lain milik pabrikan otomotif pesaingnya, John Cooper Works hadir dengan tugas utama membuat MINI makin perkasa.

Liputan6.com, London - Sejak digandeng oleh BMW, MINI identik dengan nama John Cooper Works (JCW). Layaknya divisi tuning lain milik pabrikan otomotif pesaingnya, John Cooper Works (JCW) hadir dengan tugas utama membuat sang britcar kian perkasa.

Pada Agustus 2008, varian MINI JCW pertama resmi diluncurkan. Pada perkembangannya, kendaraan tuning dari gen MINI tersebut turut menetapkan standar kepuasan berkendara di segmen kendaraan subkompak dunia.

MINI besutan JCW hadir dengan ciri khas mesin empat silinder, teknologi turbo twin-scroll, sistem injeksi bahan bakar langsung, serta sejumlah fitur teknis hasil adaptasi dari dunia balap. Performa tinggi dari tenaga sebesar 211 hp lantas menjadi pakem dari perkembangan MINI selanjutnya.

Saat ini, modifikasi pada model MINI gen JCW termasuk mesin dengan transmisi otomatis enam-percepatan. Selain itu, turut dibetot komponen suspensi khusus untuk akurasi antara kekuatan dan percepatan kendaraan yang selaras dan responsif.

Setelah gemilang di era tahun 1960-an, MINI kembali merayakan kemunculannya di kancah reli dunia mulai tahun 2011. Pada tahun pertamanya, MINI Countryman ambil bagian di putaran World Rally Championship (WRC). MINI John Cooper Works edisi WRC ini didukung oleh mesin empat silinder 1,6 liter, yang menghasilkan tenaga lebih dari 300 hp dalam spek reli.

Selanjutnya, MINI mengawali tahun 2012 dengan cukup spektakuler pada ajang Reli Dakar. Lima mobil reli bergen MINI sukses melintasi garis finish di ajang ketahanan yang kini berpindah tempat di selatan Benua Amerika tersebut.

Dalam reli dunia yang menuntut ketahanan dan kekuatan ini, sang britcar harus menempuh jarak lebih dari 8.000 kilometer. Prestasi lantas dicetak salah satu MINI yang sukses menuntaskan ajang tersebut di puncak klasemen. Prestasi MINI JCW kian terbukti kala keempat MINI lainnya turut sukses masuk di urutan sepuluh besar.

Tahun 2013, prestasi MINI kian konsisten. Ikon kendaraan Inggris ini menjadi mobil pertama melintasi garis finish pada Reli Dakar. Dengan prestasi ini, MINI makin positif menatap masa depan di ajang World Rally Championship di masa selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.