Sukses

Pasca 25 Tahun, Teknologi Diesel Audi Kini Perkuat Segmen Sport

Audi telah sukses menjual lebih dari 7,5 juta mobil dengan mesin TDI selama 25 tahun.

Liputan6.com, Ingolstadt - Diketahui, Audi merupakan pelopor teknologi Turbo Diesel Injection (TDI) bagi mobil penumpang. Tak terasa, teknologi tersebut kini telah menginjak usia 25 tahun sejak pertama diperkenalkan pada tahun 1989 silam di ajang Frankfurt Internationale Automobil Ausstellung.

Di ajang tersebut, Audi memperkenalkan mobil penumpang bermesin diesel pertama yakni seri 100. Mobil tersebut mengusung mesin lima silinder segaris berkapasitas 2,5 liter yang telah dilengkapi dengan turbodiesel, demikian dilansir dari Thedieseldriver, Kamis (14/8/2014).

Mesin TDI milik Audi 100 mampu menghasilkan tenaga hingga 120 horse power (HP) dengan torsi maksimum 265 pound-feet. Meskipun Audi 100 sudah berhenti diproduksi, namun mesin mobil tersebut hingga kini masih tetap diproduksi untuk mesin kendaraan air Volkswagen.

Sejak diperkenalkan hingga saat ini, Audi telah sukses menjual lebih dari 7,5 juta mobil dengan mesin TDI. Pihak pabrikan mengklaim jika lebih dari dua pertiga konsumennya memilih mobil dengan mesin diesel.

Tahun ini, setelah teknologi TDI ciptaan Audi AG genap berusia 25 tahun, Audi merayakannya dengan membesut tipe RS yang pada beberapa modelnya telah dibekali mesin diesel TDI.

Tipe RS merupakan versi sport pada lini produksi pabrikan berlogo empat cincin tersebut. Pada tipe RS, mobil dibuat dengan performa lebih baik dibanding versi standarnya.

Varian RS yang akan mengusung mesin diesel TDI pertama ialah RS5 TDI yang dibekali mesin V6 biturbo berkapasitas 3,0 liter dengan turbocharged elektrik. Mesin Audi RS5 TDI tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 385 HP dengan torsi mencapai 553 pound-feet.

Tak hanya versi RS, Audi juga menyiapkan beberapa model yang akan mengusung mesin TDI. Dalam waktu dekat, Audi akan memperkenalkan A3 versi hatcback dan sedan yang dibekali mesin empat silinder 2,0 liter TDI. Kabarnya, A3 akan dirilis pada tahun 2015 mendatang. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.