Sukses

Ingin Dekat dengan Umat, Paus Lebih Nyaman Pakai City Car

Dikatakan, Paus Franciscus merasa jadi berjarak dengan rakyat kala menaiki 'Popemobile'.

Liputan6.com, Seoul - Saat berkunjung ke Korea Selatan beberapa waktu lalu, pemimpin umat Katolik, Paus Franciscus, sukses mengejutkan banyak pihak. Tak lain, hal tersebut akibat mobil pilihannya. Bila biasanya sang Paus duduk elegan di atas Mercedes M Class, kali ini ia memilih untuk dikawal di dalam sebuah city car, Kia Soul.

Padahal, Mercedes Benz M Class yang kerap dijuluki sebagai Popemobile tersebut telah dimodifikasi, termasuk dengan kemampuan anti peluru. Paus Franciscus beralasan, saat menggunakan Popemobile, ia merasa jadi berjarak dengan umatnya, demikian dilansir dari Motortorque, Jumat (15/8/2014).

Awalnya, penggunaan mobil anti peluru sebagai popemobile bermula pada tahun 1981. Kala itu, Paus Yohanes Paulus II nyaris tewas saat seseorang nekat menembaki mobilnya. Kini, sang paus malah merasa tak nyaman kala merasa kendaraan tersebut terlalu 'mewah' untuk dirinya.

Lebih lanjut, Paus Franciscus berujar, di masa senjanya ia tak ingin kehilangan momentum untuk bisa dekat dengan banyak orang. Dikatakan, ia tak ambil pusing meski keputusannya tersebut harus dibayar dengan risiko kehilangan nyawa. Untuk itu, city car yang mewakili kesederhanaan pu n dipilihnya.

Menurut juru bicara paus, sejak terpilih menjadi pemimpin umat Katolik, Paus Franciscus telah terbiasa hidup sederhana hingga ke hal-hal kecil. Contohnya, Paus Franciscus menekankan pengikutnya untuk berhemat. Lebih lanjut, saat melakukan kunjungan pun, sebisa mungkin dirinya tak mengeluarkan biaya besar.

Untuk aktivitasnya sehari-hari saja di Vatikan, Paus Franciscus kerap menggunakan sebuah Ford Focus ketimbang Mercedes Benz M Class sebagai mobil dinasnya. Akibatnya, petugas keamanan pun dibuat pontang-panting. Mereka harus ekstra waspada kala sang paus tengah hadir di tengah-tengah masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini