Sukses

Tak Hanya Indonesia, Warga Inggris Pun Manfaatkan Patung Polantas

Aksi kreatif warga desa Glenworth ini sukses mengecoh banyak orang yang ingin ngebut di jalan desa.

Liputan6.com, Lincolnshire - Sewaktu mudik, Anda mungkin kerap menyaksikan patung polantas siaga yang sering dijumpai di jalan raya kala menuju ke kampung halaman. Nyatanya, patung serupa tak hanya ada di Indonesia, tapi juga di pedesaan Inggris.

Dilansir dari Motortorque, Senin (18/8/2014), geram dengan ulah sebagian orang yang kerap kebut-kebutan, warga di daerah Lincolnshire, Inggris pun terlintas sebuah ide kreatif. Ide tersebut direalisasikan dengan menempatkan beberapa manekin di beberapa lokasi strategis, lengkap dengan seragam polisi.

Tak jauh dari patung polisi, para warga turut memasang rambu batas kecepatan di 30 mil per jam. Aksi kreatif dari warga desa Glenworth ini sukses mengecoh banyak orang, hingga mereka pun mengurungkan niat untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Meskipun bertujuan baik, pihak kepolisian Inggris rupanya kurang setuju atas ide spontan tersebut. Menurut juru bicara kepolisian, patung polisi tersebut dikhawatirkan akan menjadi gangguan bagi para pengemudi di saat yang tidak tepat.

Lebih lanjut, pihak kepolisian setempat berencana untuk segera mencopot patung polisi tersebut. Menurutnya, pihak kepolisian lebih memilih untuk menggunakan langkah-langkah yang dinilai tepat dan tak mengecoh pengendara lain yang telah taat peraturan.

Kedepannya, pihak kepolisian berujar jika mereka akan menindaklanjuti isu pelanggaran batas kecepatan dengan cara yang lebih formal. Saat ini, opsi patung polisi untuk penertiban pun tak masuk rencana mereka. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.