Sukses

Makin Irit 30 Persen, Mazda Garap Diesel-Elektrik

Mazda akan mulai menjual kendaraan dengan mesin diesel elektrik paling cepat pada tahun 2016.

Liputan6.com, Tokyo - Tak ingin ketinggalan, pabrikan otomotif Mazda turut menciptakan mobil bertenaga namun irit bahan bakar. Salah satu hasil inovasi dari pabrikan Jepang tersebut adalah mesin hibrida gabungan antara diesel dan elektrik.

Dikutip dari Worldcarfans, Selasa (19/8/2014), mesin diesel elektrik ciptaan Mazda tersebut merupakan yang pertama yang berhasil diaplikasikan ke mobil penumpang (kendaraan sehari-hari). Sebelumnya, mesin diesel elektrik ini hanya familiar digunakan oleh kendaraan-kendaraan berat, seperti lokomotif ataupun dump-truk di pertambangan.

Menurut laporan, pihak Mazda akan mulai menjual kendaraan dengan mesin diesel elektrik paling cepat pada tahun 2016 mendatang. Mesin tersebut untuk pertama kalinya akan diaplikasikan pada mobil sedan yang mereka produksi, yakni Mazda 3.

Cara kerja mesin diesel elektrik yang dikembangkan oleh Mazda tersebut sebenarnya tak jauh berbeda dibanding mesin hibrida pada mobil berbahan bakar bensin, yakni dimana mesin diesel akan bekerja sebagai tenaga utama penggerak mobil. Sementara, motor elektrik akan bekerja sebagai tambahan penggerak pada mobil.

Pihak Mazda mengklaim, jika mesin diesel-elektrik ini dapat menekan konsumsi BBM sebanyak 30 persen lebih baik dibanding mesin diesel standar. Dari hasil pengujian yang dilakukan Mazda, tercatat konsumsi BBM mesin diesel elektrik mereka sanggup mencapai 40 km/liter.

Saat ini, Mazda 3 sendiri telah tersedia dalam versi hibrida yang mengusung mesin SKYAKTIV-G empat silinder berkapasitas 2,0 liter. Dikatakan, mesin Mazda tersebut memiliki konsumsi BBM mencapai 31,25 km/liter. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini