Sukses

Tak Hanya Tahan Peluru, SUV BMW Ini Juga Anti Roket

Untuk menghasilkan mobil yang tangguh, BMW menggunakan kaca yang telah dilapisi dengan polikarbonat.

Liputan6.com, Moskow - Produksi kendaraan konsumen khusus yang dilengkapi fitur anti peluru tampaknya tengah digandrungi oleh pabrikan papan atas dunia. Setelah Mercedes yang merilis sedan S-Class anti timah panas mereka, kini giliran BMW ambil bagian.

Disitat dari Carscoop, Kamis (21/8/2014), varian dari BMW ini sebenarnya telah diperkenalkan pabrikan Bavaria tersebut di Frankfurt pada tahun lalu. Hanya saja, pada saat itu, mobil masih dipamerkan dalam bentuk konsep.

Mobil anti peluru racikan BMW sendiri mengambil model X5 generasi terbaru. Dinamai X5 Security Plus, mobil akan melakoni debutnya dalam gelaran Moscow Auto Show, pekan depan.

Untuk menghasilkan mobil yang tangguh, BMW mendaulat kaca yang telah dilapisi dengan material polikarbonat. Lewat ketangguhan yang dijanjikannya, BMW mengklaim jika X5 Security Plus ini sanggup menahan gempuran peluru dari senjata berjenis AK-47.

Lebih jauh, BMW mengatakan, jika model X5 Security Plus telah memenuhi standar perlindungan VR6. Sebagai catatan, tingkat berlindungan ini dikatakan masih akan mampu bertahan andai dihajar roket sekalipun.

Sementara untuk mengimbangi adanya beban tambahan pada mobil, BMW membuat penyesuaian pada sasis, sistem manajemen elektronik dan rem. Tak luput, mobil juga dikemas dengan mesin V8 turbocharged yang bertenaga 444 horsepower (HP).

Di samping seri X5 dan Seri 7 Security Plus, Pabrikan asal Bavaria tersebut juga dikatakan tengah menyiapkan varian tambahan, F15 X5. Dengan sertifikasi VR4 yang serupa, varian ini rencananya dibuat untuk melindungi pengguna dari kejahatan jalanan. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini