Sukses

Insyaf dari Suap, Pejabat AS Jual Semua Koleksi Muscle Car

Ingin mengembalikan nama baiknya, sebagai langkah awal, seorang pejabat hukum AS menjual seluruh koleksi muscle car miliknya.

Liputan6.com, New Jersey - Kisah unik ini datang dari Amerika Serikat. Seorang pejabat lokal yang telah insyaf berniat untuk menjalani kehidupan normal. Berbagai cara pun dilakukan oleh pesakitan tersebut untuk mengembalikan nama baiknya, salah satunya dengan melelang seluruh kendaraan koleksinya.

Adalah David Nicoll, Marshall sekaligus presiden dari Biodiagnostic Laboratory Services (BLS) New Jersey yang melakoni kisah tersebut. Awalnya, meskipun didaulat sebagai Marshall yang punya tugas utama menjaga barang-barang sitaan pemerintah federal, Nicoll malah kerap menguntungkan para pelanggar karena kerap menerima suap.

Dari laporan, Nicoll pernah menghabiskan uang sebanyak US$ 33 juta atau sekitar Rp 387,7 miliar (kurs Rp 11.748 per US$) untuk kepentingan pribadi. Selain mengoleksi banyak muscle car, ia pun terendus kerap menghadiri pertunjukan penari telanjang, hingga membeli tiket borongan semusim penuh untuk pertandingan New York Jets, demikian dikutip dari Boldride, Kamis (21/8/2014).

Menurut penyelidikan, Nicoll memiliki tabungan hingga US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,35 triliun. Kini, setelah sekian lama berkubang di wilayah hitam, David Nicoll dikatakan ingin kembali ke jalan yang lurus. Sebagai langkah awal, ia pun menjual seluruh koleksi muscle car miliknya.



Koleksi mobil yang ia miliki antara lain sepasang Ford Mustang dengan tipe Boss 429 dan Shelby GT500. Turut dimiliki, varian keluarga Yenko lansiran tahun 1969 yang meliputi tipe Chevelle, Nova, serta Camaro. Tak ketinggalan muscle car langka legendaris AS, Plymouth Hemi Superbird lansiran tahun 1970.

Plymouth ini mengusung mesin V8 Hemi berkapasitas 7,0 liter dan baru digunakan menempuh jarak sejauh 63 ribu mil, sebagaimana tercatat pada odometernya.



Lelang muscle car langka tersebut rencananya akan diselenggarakan pada 12 September 2014 mendatang. Rumah lelang AJ Wilner pun mendapat kehormatan untuk melelang muscle car langka bekas dari salah satu mantan pemangku jabatan US Marshall tersebut. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.