Sukses

Produksi Disetop, Honda CR-Z Malah Ditawari Opsi Turbo

Gebrakan ini dinilai terlambat, pasalnya Honda CR-Z sendiri sudah tak lagi diproduksi di pasar Eropa.

Liputan6.com, California - Meskipun hadir dengan jumlah yang tak terlalu signifikan, bukan berarti Honda CR-Z menjadi anak tiri pabrikan Jepang tersebut. Untuk memenuhi selera para penggemarnya, Honda pun menyediakan paket performa guna mendongkrak tenaga mesin milik sportcar hibrida tersebut.

Paket performa yang disediakan meliputi komponen supercharged yang dikembangkan oleh Honda Performance Development. Paket supercharged tersebut menurut juru bicara Honda, Jessica Howell, mampu mendongkrak tenaga Honda CR-Z sebesar 67 horse power, demikian dilansir dari Autoblog, Jumat (22/8/2014).

Untuk versi standar bawaan pabrik, Honda CR-Z hadir mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan output tenaga sebesar 130 HP.

Pengembangan supercharged sendiri telah berlangsung selama bertahun-tahun. Honda pertama kali mengaplikasikan komponen tersebut pada Honda CR-Z Mugen tahun 2012 yang dipamerkan di Jepang. Saat itu, supercharged tersebut mampu mendongkrak tenaga hingga 153 HP.

Tak hanya menyediakan komponen supercharged, Honda juga turut menyediakan beberapa komponen lain bagi para pemilik Honda CR-Z yang ingin membesut performa trengginas.

Komponen-komponen untuk semi balap tersebut meliputi intercooler, injektor high-flow, serta ECU yang dikalibrasi serta filter udara yang dibanderol dengan harga mencapai US$ 5.495 atau sekitar Rp 64,5 jutaan (kurs Rp 11.735 per US$).

Bagi yang ingin memiliki Honda CR-Z dengan spesifikasi balap, para pemiliknya harus merogoh kocek lagi sebanyak US$ 2.015 atau sekitar Rp 23,6 jutaan untuk membeli limited slip diferensial dan perangkat kopling sport.

Bisa dibilang, gebrakan yang dilakukan oleh Honda CR-Z ini terlambat, pasalnya Honda CR-Z sudah tidak lagi di produksi untuk pasar Eropa. Sebaliknya, komponen supercharged untuk mobil hybrid atau hibrida sendiri belum banyak diaplikasikan pabrikan untuk mobil produksi mereka. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini