Sukses

Sekilas Mercy S-Class, Bakal Sedan Operasional Jokowi

Jika selama ini Jokowi biasa menggunakan Toyota Innova, di masa kepemimpinannya sebagai RI-1 nanti sedan mewah S-Class siap menanti.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diketahui, presiden terpilih RI periode 2014- 2019, Joko Widodo saat masih aktif sebagai Gubernur DKI Jakarta lalu kerap menggunakan Toyota Innova sebagai kendaraan operasionalnya sehari-hari.

Kini sebagai presiden terpilih, Jokowi tentu akan mendapat perlakuan jauh berbeda dari sebelumnya, termasuk eksklusivitas kendaraan operasional yang akan ia gunakan.

Untuk mobil kepresidenan, varian papan atas dari pabrikan yang bermarkas di kota Stuttgart, Mercedes Benz, biasa digunakan untuk menunjang operasional presiden. Tak lain, kenyamanan dari varian sedan S-Class akan menemani Jokowi dalam tugas kenegaraan hingga lima tahun ke depan.

Sebagai mobil pilihan berbagai kepala negara dunia, S-Class hadir dengan fitur maksimum. Belum lama, Mercedes bahkan menambahkan fitur anti peluru pada sedah keluaran terbaru mereka jenis ini. Tentunya, bodi mobil diharapkan dapat meminimalisir risiko andai terjadi penyerangan.

Kini, sebagai orang nomor satu di Indonesia, Jokowi tampaknya mau tak mau harus mengikuti aturan protokoler kepresidenan. Bukan tak mungkin, suami dari Iriana ini harus lebih sering menggunakan sedan Jerman tersebut dibanding Innova yang kerap digunakannya untuk blusukan.

Diketahui, sedan premium Mercedes S-Class berplat nomor B 1190 RFS tersebut merupakan lansiran tahun 2008. Untuk dapur pacu, sedan ini menggendong opsi tertinggi mesin V12 berkapasitas 5,5 liter dengan mekanisme penggerak roda belakang.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 510 horse power (HP) di 5.000 rpm dengan dukungan transmisi 5-percepatan otomatis. Sebagai kendaraan papan atas dari lini kendaraan Mercedes, dalam versi standarnya sendiri, varian sedan satu ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang terkoneksi, mulai dari navigasi satelit, sambungan Bluetooth.

Untuk kenyamanan sang penumpang istimewa, S600 membesut fitur mulai dari penghangat/pendingin jok hingga pemijat di kursi bagian belakang. Tak ketinggalan, pesaing dari BMW seri 7 ini juga dilengkapi segudang fitur keamanan, diantaranya posisi kursi dan sabuk pengaman yang secara otomatis menyesuaikan tekanan andai terjadi benturan. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.