Sukses

Mirip Range Rover, Tampang Baru Suzuki Vitara

Desain Suzuki Vitara terinspirasi dari desain milik iV-4 yang mengombinasikan konsep sederhana nan futuristik.

Liputan6.com, Tokyo - Setelah sekian lama tak terdengar gaungnya, pabrikan berlogo huruf S asal negeri Jepang kembali memperkenalkan varian legendaris mereka, Suzuki Vitara. Memang, jika dibandingkan dengan kompetitor satu rumpunnya, Honda dan Toyota, penyegaran yang dilakukan oleh Suzuki ini terbilang cukup lamban.

Sementara, desain dari generasi terbaru Vitara ini dikatakan terinspirasi dari wajah iV-4 yang pertama diperkenalkan pada tahun lalu. Konsep iV-4 ini mengusung desain yang sederhana namun cukup futuristik bagi sebuah kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV).

Hal ini cukup unik, pasalnya pihak Suzuki sebelumnya sempat menjelaskan jika generasi terbaru Vitara akan hadir dengan dimensi yang terbilang kecil di kelas SUV. Panjangnya yang 'hanya' 4,2 meter pun dapat digolongkan ke dalam kasta di bawahnya, yaitu crossover besar. Demikian dilansir dari Worldcarfans, Kamis (28/8/2014).

Pihak Suzuki mengatakan jika Suzuki Vitara akan melakoni debut resmi global pada tanggal 2 Oktober mendatang di ajang Mondial de l'Automobile di Paris. Sementara penjualan pertamanya akan dimulai di Inggris pada musim semi 2015 dengan dua jenis mesin.

Kabarnya, Suzuki akan membekali Vitara baru dengan mesin empat silinder berkapasitas 1,6 liter milik SX4 S-Cross. Mesin tersebut hadir dengan pilihan diesel ataupun mesin bensin.

Kedepannya, Grand Vitara juga akan menawarkan mesin dengan kapasitas yang lebih besar yakni 2,4 liter dengan bahan bakar bensin. Bagi para penggemar SUV pilihan mesin besar ini tentunya diharapkan dapat digunakan untuk melahap medan off-road.

Sebagai sebuah merek global, desain Suzuki Vitara harus diakui tak lepas dari cita rasa khas Asia. Hal ini berbeda dengan SUV dari pabrikan lain seperti Nissan, Honda, dan Toyota yang hadir ala pabrikan barat. Namun sayangnya, pertama kali dilihat bentuk kap dari Grand Vitara malah terkesan meniru desain ala Range Rover. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini