Sukses

Beda Harga, Ini Komparasi Dua Mobil Calon Kabinet Jokowi

Apa sebenarnya keunggulan dan kelemahan dari dua varian kendaraan beda benua tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Di pekan kedua September 2014, publik diramaikan dengan berita hangat seputar isu jenis mobil dinas yang kelak bakal dipakai oleh para anggota Kabinet Jokowi dalam lima tahun ke depan.

Diantaranya, mencuat dua nama pabrikan besar, Toyota dan Mercedes Benz yang bergabung dalam peserta lelang untuk Pengadaan Kendaraan Menteri/Pejabat Setingkat Menteri, Kendaraan Presiden dan Mantan Wakil Presiden untuk Kementerian Sekretariat Negara Tahun Anggaran 2014.

Toyota turut berpartisipasi dalam lelang itu dengan mengajukan model Crown Royal Saloon, sementara Mercedes Benz, punya E-Class. Awalnya, pabrikan asal Jerman, Mercedes, pun sempat dikabarkan keluar sebagai pemenang lelang. 

(Baca juga: Kabinet Jokowi Lebih Pilih Mercedes, Ini Tanggapan Bos Toyota)

Atas ini, Mercedes Benz dikabarkan berhak menyelenggarakan pengadaan kendaraan dengan nilai anggaran sebesar Rp 10,4 miliar dan hilai HPS sebesar Rp 101,1 miliar. Namun, kini kabar tersebut justru dimentahkan kembali ke awal.

Namun, apa sebenarnya keunggulan dan kelemahan dari dua varian beda benua tersebut dalam soal spesifikasi dan harga?

(Baca juga: Adu Nyaman Tiga Sedan Kabinet Indonesia)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Produksi dan Harga

Mercedes Benz dalam hal ini memang punya nilai plus. E-Class yang disodorkan sebagai mobil menteri dijanjikan diproduksi lokal di perakitan Wanaherang, Bogor. Sementara Toyota melalui Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan model Crown Royal Saloon dengan status complete knocked down (CKD).

Sebelumnya, harga dikatakan menjadi salah satu faktor menentukan mengapa akhirnya Mercedes Benz E-Class dipilih menjadi bakal mobil Kabinet Jokowi. Mercy E 400 AMG FL tersedia di pasaran dengan harga sebesar Rp 1,2 miliar, sedangkan Toyota Crown dilego lebih mahal, atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Apabila merujuk dari perbandingan harga, Mercedes Benz E-Class jauh lebih ekonomis.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi

Crown Royal Saloon yang disodorkan merupakan generasi ke-14 dari lini sedan mewah Toyota. Mobil itu hadir dalam mesin V6 berkapasitas 2,5 L hibrida, V6 3,5 L hibrida, dan V8 4,6 L. Kemudian, mobil memboyong fitur keselamatan yang tersedia bagi pengendara dan penumpang yang ditemukan pada model Land Cruiser.

Sementara Mercedes Benz E-Class, yang juga tersedia dalam varian hibrida, diboyong dengan fitur sistem ECO Start/Stop, yang berfungsi mematikan mesin sementara saat kendaraan berada dalam kondisi berhenti dan sebaliknya. Menyoal jantung pacu, sedan mewah kebanggaan rakyat Jerman ini ditopang mesin V6 berkapasitas 3,5 liter yang dikawinkan dengan fitur paddle shift dan transmisi tujuh-percepatan.  (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini