Sukses

Cari Koleksi Tank Murah? Ini Tempatnya

Pria berinisial NTV itu hanya merogoh kocek sebesar Rp 113 jutaan untuk membawa pulang tank BRDM-2

Liputan6.com, Minsk - Pada masanya, tank buatan Uni Soviet pernah menjadi alat perang yang cukup ditakuti negara barat. Tampil trengginas, beragam aneka lapis baja produksi negeri Putin tersebut sukses menjadi ancaman bagi keberadaan pakta pertahanan atlantik utara (NATO).

Kini, setelah Uni Soviet runtuh, nama besar dari lapis baja andalan blok timur tersebut nyatanya tetap memiliki peminat tersendiri, yaitu para kolektor kendaraan kuno. Di dunia, salah satu negara yang memiliki koleksi melimpah tank era Uni Soviet adalah Belarus.

Saking banyaknya, harga sebuah tank atau kendaraan lapis baja bekas di negara tersebut relatif murah. Untuk sebuah lapis baja pengangkut personil, BRDM-2 berbobot 7,7 ton, hanya dibanderol seharga US$ 9.500 atau sekitar Rp 113 jutaan (kurs Rp 11.930 per US$), demikian dilansir dari Autovolution, pada Selasa (16/9/2014).

Harga yang murah tersebut pun bersambut. Seorang pria asal Inggris rela menempuh jarak cukup jauh melintasi benua hingga ke Belarus hanya untuk membeli sebuah lapis baja tersebut.

Alhasil, pria yang dikatakan berinisial NTV tersebut sukses mewujudkan impian masa kecilnya untuk memiliki sebuah tank BRDM berkapasitas empat orang kru.

Tank BRDM-2 ini sendiri merupakan lapis baja yang kerap digunakan untuk kendaraan patroli dan pengintai tempur. Di dunia, kendaraan pengangkut personil ini telah diproduksi hingga lebih dari 7 ribu unit antara tahun 1962 sampai 1989.

BRDM-2 pun tampil tangguh karena dibekali mesin berkapasitas 5,5 liter. Mesin tersebut mampu menghasilkan output tenaga hingga 140 horse power. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini