Sukses

IIMS 2014 Jadi Ajang Perkenalan Teknologi Mobil Ramah Lingkungan

Dalam IIMS 2014, terdapat 36 merek APM yang unjuk gigi yang terdiri dari 27 mobil penumpang dan 9 mobil komersil.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang otomotif terbesar di Tanah Air, Indonesia International Motor Show 2014 (IIMS 2014) resmi dibuka pada Kamis (18/9/2014), oleh Menteri Perdagangan RI, Muhammad Luthfi. Di tahun ini, gelaran yang rutin diadakan setiap tahunnya ini mengusung tema 'Smart and Safe Mobility'.

Berlandaskan tema tersebut, para produsen kendaraan bermotor menyediakan segala informasi mengenai teknologi ramah lingkungan yang diaplikasikan melalui mobil konsep. Selain itu, mereka juga menekankan penggunaan teknologi yang menciptakan efisiensi, mengurangi pemborosan bahan bakar, emisi gas buang, serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengendara dan pengguna jalan lainnya.

"IIMS 2014 adalah event penting karena diselenggarakan ketika industri otomotif Indonesia tengah berkembang sangat pesat," kata Sudirman MR, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dalam pidato pembukaan IIMS 2014 di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Lebih lanjut, pertumbuhan industri otomotif yang sangat pesat juga merupakan sebuah investasi penting karena akan memberi suatu nilai tambah. Terlebih lagi, kondisi demografi di Indonesia pun dinilai cocok untuk pengembangan industri otomotif berbasis teknologi tinggi.

"IIMS 2014 penting karena di sini kita akan bersaing, akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Mobilnya boleh mobil Jepang, tetapi produksinya di Indonesia. Sehingga Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri," ujar Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi.

Lebih lanjut, Muhammad Luthfi juga berharap jika jumlah kendaraan di Indonesia dapat menyamai perbandingan antara jumlah penduduk dan kendaraan di Thailand. Konsekuensinya, pertumbuhan jumlah kendaraan tersebut akan mencapai empat kali lipat dari hari ini dan tentunya akan menimbulkan tingkat kemacetan yang luar biasa di kota-kota besar di Indonesia.

IIMS 2014 digelar dari 18-28 September 2014 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Terdapat 36 merek APM yang unjuk gigi yang terdiri dari 27 mobil penumpang dan 9 mobil komersil di atas lahan seluas 83.137 meter persegi.

Panitia berharap target pengunjung dalam IIMS 2014 ke-22 ini dapat tercapai yakni sekitar 380 ribu orang, atau naik dari target tahun sebelumnya yang di sekitar 370 ribu orang. (Ysp/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.