Sukses

Broquet, Katalisator BBM yang Bukan Sulap

Produk katalisator bensin ini bisa dipakai untuk kendaraan roda dua dan empat.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) dijadikan momentum oleh beberapa produsen peralatan otomotif untuk perkenalkan produk. PT Broquet Indonesia dengan produk andalan, Broquet (BRQ) misalnya.

Produk katalisator untuk bahan bakar baik bensin dan solar ini memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap pembakaran di kendaraan baik roda dua ataupun empat. Broquet sendiri bukan berbentuk cair tapi logam berwarna perak.

Ada dua macam Broquet yaitu intank dan inline. Broquet Intank yaitu produk broquet dimana logam berwarna perak cukup dicemplungkan kedalam tangki bensin. Sedangkan Broquet inline adalah broquet yang sudah siap berproses sesaat setelah mesin dinyalakan. Broquet ini sudah berbentuk seperti tabung dan langsung dipasangkan ke dalam saluran pembakaran mobil.

"Beda katalisator dengan cairan penghemat bensin itu cukup kentara. Katalisator tak akan larut dalam air dan tahan hingga 400 ribu km, sedangkan cairan penghemat bensin bisa langsung habis seiring terjadinya pembakaran," ujar Presiden Direktur PT Broquet Indonesia, Setiady Sungkono kepada media, Jumat (19/9/2014).

Dijelaskannya, produk Broquet bukanlah seperti sulap yang mampu memaksimalkan pembakaran secara ajaib. "Ada proses kimia antara logam dengan bensin yang dibakar di ruang pembakaran. Itu penjelasan ilmiahnya, jadi produk ini bukan sulap," tandasnya. (bersambung ke page berikutnya dibawah ini)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

harga dan fungsi

Beragam produk Broquet dipasarkan di ajang IIMS. Untuk Broquet Intank untuk kendaraan roda dua harganya bisa berkisar Rp 200 ribu sampai Rp 400 ribu. Sedangkan yang berbentuk tabung atau Inline berkisar Rp 800 ribu sampai Rp 10 juta rupiah (roda empat).

Ada 6 fungsi dasar broquet yaitu menambah tenaga mesin 5-10 persen, meningkatkan kualitas bahan bakar, menghemat bahan bakar sampai dengan 20 persen, mengurangi emisi, menurunkan kadar sulfur dioksida, tidak bersifat aditive, tidak merusak garansi mesin dan 1 x pasang bisa untuk 400 ribu km.

"Saya sudah memakai produk ini sejak balapan di era 2000-an. Saya rasakan banyak manfaatnya ketika ikut balapan," kata pembalap nasional, Jimmy Lukita.

Produk Broquet menjadi relevan pula dengan kondisi energi di Indonesia. Dimana pemerintah berencana untuk menaikkan harga BBM karena subsidi sudah terlalu besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini