Sukses

Naik Oktober, Berapa Harga Baru Agya dan Ayla Cs?

Acuan persentase kenaikan harga itu didasarkan pada data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Liputan6.com, Jakarta - Harga low cost green car (LCGC) akan direvisi dalam waktu dekat. Ketua Umum Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), Sudirman MR, kenaikan harga mobil itu diprediksi berkisar 6,6 persen.

Dia menjelaskan, acuan persentase kenaikan harga itu didasarkan pada data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS). Lantas berapa kenaikan untuk harga Agya dan Ayla cs?

Dengan patokan harga dasar sebesar Rp 95.000.00 pada waktu awal produksi dan akan direvisi sebesar 6,6 persen, maka Agen Pemegang Merek (APM) bakal menaikkan harga LCGC sebesar Rp 6.270.000. Berdasarkan hitung-hitungan tersebut, harga dasar dari mobil itu menjadi Rp 101.270.000.

Lanjut Dirman, kenaikan sebesar 6,6 persen itu bakal serentak dilakukan seluruh APM yang memproduksi LCGC. Meskipun, pengajuan surat untuk mengaplikasikan harga dasar baru itu dilakukan oleh masing-masing merek.

"Gaikindo dalam hal ini hanya memefasilitasi untuk diskusi dan aplikasi dilakukan masing-masing merek. Untuk Agya dan Ayla kami sudah ajukan surat ke pemerintah. Perkiraan kami, akhir bulan ini akan keluar. Kami yakin itu," urainya saat ditemui Liputan6.com di Hall D JIExpo Kemayoran dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Adapun, revisi ini dilakukan berdasarkan sejumlah faktor pertimbangan, termasuk naiknya upah buruh, tarif dasar listrik, dan kurs rupiah terhadap dolar AS.

Untuk diketahui, penjualan LCGC dari seluruh mereka sepanjang semester pertama tahun ini telah menembus 85.643 unit. Dalam enam bulan awal 2014, penjualan tertinggi LCGC terjadi pada Februari dengan 16.270 unit, sedangkan yang terendah yaknis 12.251 terjadi pada Mei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini