Sukses

Yang Sepi di IIMS 2014

Puluhan merek yang tumplek blek di pameran terbesar di Asia Tenggara itu pun menjadi sasaran pengunjung yang haus informasi.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia International Motor Show (IIMS) bisa dibilang sebagai salah satu sarana rekreasi bagi masyarakat yang haus akan hiburan. Puluhan merek yang tumplek blek di pameran terbesar Asia Tenggara itu pun menjadi sasaran pengunjung yang haus informasi.

Edisi tahun 2014, pihak penyelenggara yakni Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang bekerjasama dengan Dyandra Promosindo pun mengantisipasi lonjakan pengunjung dengan memperluas area pameran.

Masih dihampar di tempat yang sama, yakni Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, namun IIMS 2014 menempati area yang lebih luas, dari 75.101 meter persegi menjadi 83.137.

Pameran otomotif yang telah digelar sebanyak 22 kali ini didukung oleh 29 merek kendaraan dan 286 perusahaan pendukung. Secara total, IIMS 2014 memiliki 322 booth yang tersebar dari Hall A-D, area Outdoor, dan selasar Semi Permanen.

Meski booth IIMS 2014 sukses disinggahi para pengunjung, nyatanya tidak semuanya sukses menuai respons positif. Pantauan Liputan6.com, konsentrasi pengunjung banyak terlihat menyinggahi Hall A, B, C, dan D.

Wajar saja, empat Hall itu bisa dibilang sebagai tempatnya primadona-primadona IIMS 2014. Toyota, Honda, Daihatsu, Nissan, Hyundai, Mitsubishi, Mazda, Ford, Kia, Chevrolet, dan Suzuki berebut perhatian pengunjung. Sedangkan di Hall B dan C yang diramaikan brand Eropa dan sejumlah merek premium tak mau kalah.

Sedangkan area Outdoor yang didominasi merek kendaraan niaga tidak terlalu menyedot perhatian khusus. Meskipun BMW Pavilion dan MINI Beat Box yang diselenggarakan BMW Group Indonesia sukses menyedot perhatian.

Pameran yang telah berlangsung selama lima hari ini berhasil membukukan pengunjung sejumlah 157.572 orang. Data dari Dyandra Promosindo, torehan itu naik 3,12 persen jika dibadingkan dengan periode yang sama tahun lalu dengan 152.800 pengunjung.

Meski begitu, Liputan6.com melihat, sejumlah booth yang berada di selasar Semi Permanen nampaknya kurang mendapatkan respons yang cukup baik. Di area itu, peserta didominasi oleh perusahaan atau produsen aksesori kendaraan, mulai dari ban, perangkat audio, hingga alat-alat pemadam kebakaran.

Memang, banyak atau tidaknya pengunjung yang singgah di booth para peserta bukan jadi patokan seberapa besar antusias itu berpengaruh pada penjualan dari setiap booth.

Lebih jauh, jumlah pengunjung pameran otomotif ini mengalami peningkatan sebesar 3,44 persen pada hari pertama. Pada IIMS 2013, pihak penyelenggara hanya membukukan 29.996 pengunjung, sedangkan tahun ini menjadi 31.029.

Seperti proyeksi sebelumnya, akhir pekan menjadi hari yang paling sibuk selama gelaran IIMS 2014. Data mencatat, ada 47.302 orang yang hadir di JIExpo, naik 2,39 dari periode yang sama tahun lalu.

Nah, dengan sisa hari penyelenggaraan IIMS 2014, terlebih pada akhir pekan ini jatuh bersamaan dengan akhir bulan, pengunjung hajatan tahunan itu diprediksi membludak. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini