Sukses

Future Truck 2025, Truk Masa Depan yang Tak Butuh Sopir

Untuk bisa berjalan tanpa sopir, Mercedes Benz menjelaskan bahwa Future Truck 2025 disokong teknologi sensor radar dan kamera.

Liputan6.com, Stuttgart - Teknologi otonomos nyatanya tak cuma menyasar segmen kendaraan penumpang. Mercedes Benz yang diketahui tengah mengembangkan truk tanpa sopir pun kembali membeberkan sejumlah informasi perihal model yang dinamakan Future Truck 2025.

Secara tampilan, truk hadir dengan sejumlah LED pada bagian depan, yang mana lampunya akan menyala ketika mensin menyala. Fitur ini juga berfungsi sebagai pendeteksi adanya kendaraan lain di jalan raya.

Dijelaskan, warna lampu akan menjadi biru ketika truk dijalankan pada modus otonomos dan berubah menjadi putih ketika dikendarai secara manual.

Tak cuma urusan kosmetik, Mercedes Benz Future Truck 2025 juga hadir dengan desain kabin yang dibangun untuk memberikan lingkungan yang nyaman, di mana kursi pengemudi bisa disesuaikan. Demikian disadur Liputan6.com dari Worldcarfans, Kamis (25/9/2014). 

Untuk bisa berjalan tanpa sopir, Mercedes Benz menjelaskan bahwa Future Truck 2025 disokong teknologi sensor radar dan kamera yang terintegrasi dengan sistem yang disebut Highway Pilot. Teknologi ini mirip dengan fitur otopilot pada pesawat terbang.

Kamera stereo yang disematkan pada pada kaca depan truk bisa memindai kondisi jalan hingga radius 100 meter ke depan dengan cakupan 45 derajat kondisi horisontal dan 27 derajat vertikal.

Dikatakan, kamera ini mampu mengidentifikasi garis pada jalan baik yang dua arah maupun satu arah. Tak cuma itu, komponen ini juga berfungsi mendeteksi objek bergerak dan diam, juga penjalan kaki.

Mercedes Benz menjelaskan, Future Truck 2025 ini masih dalam bentuk purwarupa dan akan diuji jalan pada musim panas tahun ini di kecepatan 80 km/jam. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.