Sukses

Berbekal Ini, Honda HR-V Siap Jadi Trendsetter Baru

Honda HR-V yang bermain di kelas crossover itu disingkap pada hajatan otomotif terbesar Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia International Motor Show (IIMS) edisi 2014 menandai langkah baru PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam persaingan di ranah roda empat dalam negeri.

Sebuah model yang jadi andalan pun diungkap. Di Booth Honda, NSX Concept II, New Honda Freed, New Honda Civic, dan All-New Honda Jazz, Black Top Limited Edition turut mengawal kehadiran perdana HR-V di Asia Tenggara yang menyergap segmen baru di kelas crossover.

Dilepasnya Honda HR-V bukanlah tanpa sebab. Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy menyebut, pasar di kelas Low Sport Utility Vehicle (LSUV) memiliki ceruk yang cukup potensial dan merupakan segmen terbesar keempat di Indonesia.

Berdasarkan data penjualan mobil penumpang di periode Januari hingga Agustus 2014, LSUV berkontribusi sebesar 6,4 persen total pasar. Di pasaran, kata Jonfis, Honda HR-V mengisi segmen pasar crossover di antara LSUV dan SUV.

"Mobil ini merupakan pilihan upgrader bagi konsumen. Honda HR-V sangat ideal bagi mereka yang baru mau menikah dan lebih mengendepankan aspek individual," papar Jonfis.

Untuk merenggut para upgrader dari pemilik LSUV, MPV, LMPV, dan hatchback, sosok Honda HR-V memang dibuat dengan tampilan eskterior tegas dan sporty. Beda dengan yang lain, mobil ini menawarkan gaya bodi coupe dua pintu dan menjadi trendsetter di kelasnya.

Rasa Baru di Kelas LSUV

Model yang pertama kali memulai debut globalnya melalui Tokyo Motor Show 2013 dengan nama Honda Vezel itu mengadopsi konsep desain Dynamic Cross Solid. Bagian depan mobil hadir dengan karakter Solid Wing Face yang merupakan gen dari Honda yang mengedepankan kesan tajam dan sporty.

Ruang kokpitnya pun dibuat ciamik berkat konsep Expansible Cockpit, yang memberikan nuansa personal dengan kabin lapang, fungsionalitas serta balutan material berkualitas.

"Honda HR-V juga memiliki fitur Panoramic Roof, Sport Design Alloy Wheel, lampu depan LED Projector Headlight dengan Auto Leveling untuk kesan sporty. Selain itu terdapat pula Daytime Running Light, Shark Fin Antenna, Exhaust Pipe Finisher, dan Rear Camera," tuturnya.

Sejumlah teknologi terkini, meliputi Smart Auto A/C Panel, Wide-flow A/C, dan fitur Electric Parking Brake serta Auto Brake Hold pertama di kelasnya tak luput dijejali "adik CR-V" ini.



"Fitur brake hold bisa berfungsi ketika mobil berhenti di tanjakan atau turunan. Mobil secara otomatis tidak akan bergerak maju atau mundur ketika berada di medan tersebut," papar dia.

Menyoal dimensi, Honda HR-V memiliki panjang 4.295 mm, tinggi 1.605 mm, dan lebar 1.770 dengan jarak sumbu roda 2.610 mm. Di kelasnya, imbuh Jonfis, mobil ini memiliki ruang kaki luas, laiknya minivan. Kursi penumpang bak sedan mewah dan sudut dudukan kursi yang dioptimalisasi untuk memberikan kenyaman ketika berkendara jauh.

Lebih jauh, bagian kursi belakang Honda HR-V bisa disesuaikan untuk mengangkut barang. Bahkan dengan model dive-down, yang meratakan kursi belakang, sanggup memuat sepasang sepeda gunung sekaligus.

Menyoal ruang pacu, mobil yang di Jepang keluar dengan nama Honda Vezel ini dibekali mesin SOHC i-VTEC yang menjanjikan efisiensi bahan bakar dan performa mantap.

Pada varian mesin 1,5 liter, mesin mampu menyemburkan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Sementara pada kasta tertinggi yakni 1,8 L mesin mampu memproduksi output 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi 169 Nm pada 4.300 rpm.

Teknologi SOHC i-VTEC turut dikombinasikan teknologi CVT terbaru untuk meningkatkan efisiensi, pemangkasan bobot dan peningkatan kenyamanan mengemudi. Sementara varian transmisi 6MT juga disediakan bagi konsumen yang ingin merasakan mengemudi bergaya sport.

Pada sektor kaki-kaki, Honda HR-V mengaplikasikan suspensi depan MacPherson dan belakang berbasis H-shaped torsion beam yang akan memberikan kenyamanan berkendara di medan berat sekalipun.

Aspek Keselamatan dan Harga

ASEAN-NCAP dengan status bintang lima berhasil disabet Honda HR-V. Mengadopsi platform, G-Con, mobil terbukti mampu lulus dalam uji front offset, front flat, child, slide, whiplash, pedestrian, rear, dan upper interior head protection.

Honda HR-V yang ditetaskan dalam empat varian telah dilengkapi fitur ISOFIX + Tether, Dual SRS Airbags, Pretensioner + Load Limiter Seatbelt, Auto Brake Hold & EPB, Emergency Stop Signal, ABS + EBD + BA, HSA + VSA, dan One Push Turn Signal.



Pada varian terntinggi, yakni tipe 1,8 L Prestige, mobil turut disokong fitur Side Curtain Airbags Side Airbags dan Asst. Seatbelt Reminder. Seluruh keunggulan Honda HR-V pun dibuktikan dengan menyabet mobil terbaik IIMS 2014 pada urutan kedua.

Sebagai pemanasan sebelum benar-benar bertarung tahun depan, PT HPM juga telah membuka pintu bagi konsumen yang ingin memesan mobil tersebut. Pabrikan optimistis, sebanyak 500 unit pertama Honda HR-V mulai didistribusikan awal 2015.

Di Indonesia, Honda HR-V dilego mulai dari Rp 240 juta untuk tipe 1,5 L A M/T dan sekira Rp 350 jutaan untuk varian teratas.

Baca Juga :
Di IIMS 2014, Honda Buka Harga HR-V Mulai Rp 240 Juta
Selama IIMS 2014, Honda Pede Lego Hingga 500 HR-V
Ini Janji Honda Soal HR-V di IIMS 2014

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.