Sukses

Porsche Jadi Andalan Polisi Australia

Kepolisian New South Wales memanfaatkan tenaga Porsche 911 Carrera sebagai kendaraan untuk kegiatan kemasyarakatan.

Liputan6.com, Canberra - Jika di Indonesia kerap disaksikan aksi polisi wanita berparas cantik, maka Kepolisian Australia punya cara lain untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Bukan wajah cantik yang dibidik, melainkan tampang aduhai dari kendaraan patroli mereka. Kali ini, giliran negara bagian New South Wales yang menerima 'darah muda' berupa mobil patroli berjenis sportcar tipe Porsche 911 Carrera.

Keterlibatan Porsche menjadi mobil dinas kepolisian Australia sendiri telah dimulai sejak dua tahun lalu. Kala itu, Porsche mendaulat Panamera sebagai armada dinas kepolisian Negeri Kanguru tersebut, seperti dilansir dari Worldcarfans, Senin (29/9/2014).

Namun, supercar ini bukan diperuntukan untuk tugas berat seperti patroli rutin & pengejaran penjahat. Porsche 911 Carrera hanya dimanfaatkan sebagai kendaraan pemikat kala para penegak hukum bersinggungan langsung dengan masyarakat, seperti acara sekolah, program kepemudaan, atau pengumpulan dana amal.

Sebagai bentuk terima kasih atas dukungan masyarakat, kepolisian New South Wales pun menyematkan corak armada dinas terbarunya lewat didesain yang dikembangkan oleh mahasiswa setempat. Mahasiswa lokal dan asing di beberapa universitas di New South Wales mendapat kepercayaan untuk mendesain corak baru tersebut.

Harapannya, dengan Porsche 911 Carrera asal kota Stuttgart ini tentunya pihak kepolisian lebih berwibawa saat mendekatkan diri kepada masyarakat. Lebih jauh, kedekatan antara aparat dan masyarakat diharapkan dapat menekan angka kriminalitas yang terjadi di negara tetangga Indonesia itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.