Sukses

Tips Mengemudikan Ferrari dan Porsche ala Roro Fitria

Menurut Roro Fitria, mengendarai mobil sport seperti Ferrari dan Porsche perlu keahlian dan ketelitian khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dengan nama beken seperti Ferrari, Porsche, dan Lamborghini memang memiliki karakter mesin yang lebih responsif jika dibandingkan dengan roda empat yang jamak digunakan untuk keperluan sehari-sehari.

Namun, performa mesin yang tinggi acapkali menyulitkan pengendaranya ketika melaju di jalanan, khususnya ketika kondisi ramai. Alhasil, daftar kecelakaan yang melibatkan mobil berperforma tinggi itu pun terus bertambah dan tak jarang berujung menjadi tumbal jalanan ibukota.

Baru-baru ini, sebuah Lamborghini Gallardo yang diketahui milik seorang pengacara kondang, Hotman Paris, terlibat dalam sebuah kecelakaan yang merenggut satu korban jiwa.

Pesohor lainnya, Roro Fitria, seorang pedangdut yang juga punya hobi mengendarai mobil sport turut prihatin terhadap peristiwa itu. Ia pun berharap, pengacara tersebut dalam kondisi sehat, baik fisik maupun psikis.

Lebih jauh, Roro yang juga dikenal kiprahnya karena berakting di sejumlah film layar lebar ini mengakui, mengendarai mobil sport memang perlu teknik khusus.

"Yang berbeda itu pada saat ngegas dan ngerem. Perlu penyesuaian dan harus dapet feel-nya. Karena mobil punya mesin besar, otomatis, akselerasinya juga lebih tinggi dibandingkan mobil yang dipakai untuk harian," terangnya kepada Liputan6.com.

Roro yang mengoleksi mobil mewah ini menggarisbawahi pentingnya menjaga jarak dengan mobil yang berada di depan. Pasalnya, menurut pemilik Porsche Boxter dan Ferrari F430 itu, akselerasi yang tinggi membutuhkan ruang yang juga lebih banyak agar mobil tak bersenggolan dengan pengendara lain.

"Hal yang perlu diperhatikan, kita harus arif dan bijaksana dalam mengendarainya. Tahu kapan ngegas maupun rem, serta jarak pandang dengan pemakai jalan harus diukur," tuntasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.