Sukses

3 Kota di Indonesia yang Dibanjiri Plat Nomor Jakarta

Mobilitas tinggi dan prestise menjadi salah satu penyebab banyaknya kendaraan plat Jakarta di daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap daerah tentu memiliki nomor registrasi kendaraan khusus. Jakarta contohnya, kendaraan asal ibu kota dan sekitarnya ini terwakili dengan huruf B pada plat nomor kendaraan.

Namun demikian, lazim ditemui kendaraan berplat nomor Jakarta di kota-kota lain. Umumnya, mobilitas yang tinggi memang menjadi faktor utama penyebaran kendaraan-kendaraan asal ibu kota tersebut. Alasan lain bisa berupa tugas belajar, mudik dan lain-lain.

Selain itu, terdapat pula alasan lain kenapa plat nomor ibu kota dipilih warga daerah, seperti untuk mendongkrak prestise. Untuk alasan yang satu itu, pemerintah daerah pun menghimbau warganya untuk membeli kendaraan di

Pasalnya, penggunaan kendaraan dengan nomor polisi di luar karesidenan tempat warga tersebut berdomisili tentu merugikan pemerintah daerah di wilayahnya. Sebab, mobil tersebut tidak membayar pajak yang digunakan oleh pemerintah setempat untuk pembangunan wilayahnya.

Berikut ini adalah beberapa kota lain di Indonesia dengan penduduk yang menggunakan mobil berplat Jakarta yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bogor

Bogor, kota yang terletak di sebelah selatan Jakarta ini banyak dijumpai kendaraan dengan plat B. Tingginya jumlah kendaraan yang menggunakan plat Jakarta disebabkan karena pemiliknya yang kerap keluar-masuk Jakarta.

Hal tersebut menyebabkan banyak warga Bogor yang memilih untuk membeli mobil di Jakarta. Alasannya, mereka bekerja di Jakarta dan lantas membeli mobil di Jakarta karena pengurusannya yang dinilai lebih mudah.

3 dari 4 halaman

Bandung

Selain Bogor, kota di Indonesia yang kerap dijumpai mobil dengan plat B berlalu lalang adalah bandung. Alasannya pun hampir serupa dengan Bogor, banyak warga Bandung yang kerap keluar-masuk Jakarta.

Sebagian warga Bandung bahkan bekerja di Jakarta. Hal ini menyebabkan mereka memutuskan untuk membeli mobil di Jakarta.

4 dari 4 halaman

Bandung

Kota yang dijuluki kota pelajar ini ternyata banyak dijumpai kendaraan yang menggunakan plat Jakarta. Hal tersebut nampaknya lumrah karena Yogyakarta menjadi destinasi utama para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Dari sekian banyak mahasiswa yang menuntut ilmu di Yogyakarta, sebagian berasal dari Jakarta. Hal ini tentunya membuat populasi kendaraan yang berasal dari Ibukota mudah dijumpai di kota tersebut. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.