Sukses

Bisnis Cerah Portal Jual Beli Kendaraan di Tanah Air

Pertumbuhan positif Indonesia membuat portal layanan jual beli seperti Carmudi berani berkompetisi di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Industri otomotif Indonesia tengah tumbuh pesat. Selain prediksi wholesales angka kendaraan yang tembus hingga 1,250 juta kendaraan di 2015, belum lagi terhitung angka populasi mobil bekas yang tentunya punya pangsa pasar potensial sendiri.

Inilah yang membuat pasar Indonesia kian menggiurkan bagi bisnis pendukung sektor otomotif. Termasuk di dalamnya adalah pihak ketiga penyedia portal informasi jual beli kendaraan bekas atau baru berskala global, Carmudi.

Berbicara di Jakarta kepada Liputan6.com pada Jumat (10/10/2015), Erwin Sikma, Global Managing Editor dan sekaligus Co-Founder dari Carmudi dalam kunjungannya ke Indonesia, mengatakan pasca satu tahun berdiri, pihaknya optimistis mampu meraih pasar kompetitif di Tanah Air.

"Tingkat GDP yang tinggi dan penggunaan internet yang masif dari warga Indonesia membuat potensi pasar untuk wilayah ini terus berkembang pesat," jelas Erwin, kala ditemui di Bidakara, Jakarta.

Berangkat dari perilaku pengguna internet Tanah Air yang cenderung suka berbelanja online, Carmudi pun memandang jika internet telah menjadi sarana utama dalam transaksi utama masyarakat Indonesia. Logikanya, menurut pria asal Belanda ini, pencarian kendaraan pun banyak dilakukan secara online.

Dalam perjalanannya, berbagai hambatan diakuinya banyak ditemui, namun berbekal pengalaman di 18 negara berbeda, Carmudi optimistis bakal dipercaya konsumen Indonesia.

"Konsumen pada intinya senang dengan informasi yang cepat dan akurat, dimana sebelumnya kami punya pengalaman terhadap hal tersebut di negara lain dengan pasar yang serupa," ujar Erwin.

Diakui Erwin, Carmudi sendiri telah eksis di 17 negara lain sebelum menjajal pasar Indonesia pada September tahun 2013 lalu. Selang setahun, Erwin sendiri mengaku Carmudi Indonesia telah mendapat kepercayaan hingga 40 ribu listing dari diler dan pemilik mobil di kota besar Tanah Air.

Menyadari kebutuhan masyarakat Indonesia yang dinamis, Carmudi pun dikatakan Erwin turut menyesuaikan selera pasar Indonesia. Untuk itu, portal tersebut pun turut berganti baju dalam desain web anyar yang identik dengan kelir biru.

"Konsumen bisa mencoba web baru kami, dengan layanan kami yang semakin dimaksimalkan ," lanjut Erwin yang mengakui listing terbesar mereka ada pada roda dua atau sepeda motor. (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.