Sukses

Ambulance di Dubai Bisa Tembus 200 Km/jam

Tak hanya para penegak hukum yang menggunakan jasa mobil mewah, termasuk ambulance.

Liputan6.com, Dubai - Jika ambulance di Tanah Air umumnya menggunakan jenis mobil MPV, beda halnya dengan kota bergelimang arsitektur modern di Timur Tengah, Dubai.

Sebelumnya, permata di wilayah Uni Emirat Arab ini memang tersohor karena mengoleksi aneka sportcar untuk jajaran penegak hukum tersebut. Kini, Dubai punya kejutan lain berupa ambulance sportcar mewah yang siap beroperasi.

Adalah mobil jenis Lotus dan Ford Mustang yang siap menjadi garda depan dalam menyambung nyawa manusia tersebut. Demikian dilansir dari Motoramic pada Sabtu (18/10).

Memang, kendaraan sportcar tersebut jelas tak akan bisa mengangkut pasien karena desainnya yang mungil. Namun, pemerintah Dubai telah menyulap roda empat tersebut mampu membawa berbagai perangkat canggih pertolongan pertama yang dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa manusia.

Selain komputer yang terhubung dengan data pasien yang siap memberikan informasi lengkap, dan lokasi rumah sakit terdekat sesuai dengan kondisi pasien, turut disematkan teknologi khas medis berbagai kasus, mulai dari kekurangan oksigen, hingga patah tulang.

Salah satu kendaraan mewah asal Inggris tersebut, Lotus Evora, didaulat sebagai unit 'First Responder' yang siap datang ke lokasi untuk memberikan pertolongan pertama begitu panggilan darurat diterima.

Kendaraan ini berbalut kelir khas ambulance dengan warna biru putih. Kendaraan ini sendiri pertama dikenalkan pada ajang Pekan Teknologi Gitex, pada Sabtu (18/10), di Dubai World Trade Center.

Dikatakan, dengan sportcar Lotus yang berkecepatan di atas 200 km/per jam ini diharapkan waktu datang ambulance di Dubai yang biasanya 8 menit dapat dipangkas setengahnya hingga 4 menit.

Tentunya, sopir dari unit ambulance khas Dubai ini juga akan mendapatkan pelatihan mengemudi ala mobil sport yang berbeda dengan karakter kendaraan biasa. (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini