Sukses

Alat Khusus Siap Pergoki Pengendara Bandel Main Ponsel

Alat khusus yang siap menangkap basah pengendara yang bandel ber-SMS di kendaraan pun tengah diuji coba.

Liputan6.com, Virginia - Bukan hal baru jika para pengendara kerap terlihat nekat tetap menggunakan telepon genggam saat berkendara. Walau telah banyak angka kecelakaan terjadi akibat ulah sepele ini, nyatanya ponsel kerap digunakan dengan alasan sepele, yaitu sekedar berkirim pesan.

Hal ini pun lantas mendapat perhatian khusus dari pemerintah Amerika Serikat (AS). Untuk itu, alat khusus yang tengah dikembangkan ini siap menangkap basah para pelanggar yang masih mengirimkan SMS kala berkendara.

Dari Virginia, perusahaan bernama ComSonics yang dikabarkan tengah menggarap perangkat yang mampu memergoki pengendara yang tengah berkirim SMS. Dilansir dari Popular Mechanics pada Minggu (19/10/2014), perangkat ini dijuluki 'radargun' dan diperuntukkan untuk memudahkan polisi dalam mengidentifikasi pelanggaran tersebut.

Tentunya, lewat perangkat ini polisi akan memiliki bukti ril guna menjerat para pelanggar di jalan tersebut. Sebelumnya, polisi memang kerap kesulitan untuk membuktikan pengendara bandel yang nekat menggunakan ponsel mereka kala berada di balik kemudi.

Teknisnya, alat ini akan mengirimkan gelombang yang digunakan ponsel kala bekerja mengirim pesan atau menerima panggilan.

Namun, alat ini dikatakan masih akan mengalami kendala dalam pengoperasiannya. Polisi akan mengalami kesulitan untuk membedakan andai kendaraan tersebut ditumpangi oleh banyak orang, dimana tak menutup kemungkinan ponsel tersebut digunakan oleh salah satu penumpang yang tak dalam posisi berkendara. (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.