Sukses

Membandingkan Kendaraan Para Dubes di Pelantikan Jokowi

Selain negara maju, perwakilan negara berkembang turut hadir pada pelantikan Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo dan Jusuf Kalla dihadiri langsung oleh petinggi dan juga perwakilan dari para negara sahabat. Selain negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Australia, para perwakilan dari negara berkembang pun nyatanya ikut hadir.

Lantas, jika wakil negara maju hadir memboyong mahakarya otomotif ternama mereka, apa yang diboyong oleh para negara sahabat berkembang tersebut?

Silahkan klik halaman selanjutnya untuk beberapa kendaraan para dubes negara berkembang yang menghadiri pelantikan presiden RI pada Senin (20/10/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lebanon

1. Lebanon

Pada pelantikan presiden RI yang ke-7 kali ini, Dubes Lebanon hadir menggunakan Toyota Camry berwarna putih. Kabarnya, sedan saloon asal Negeri Sakura yang diboyong oleh negara di utara Israel tersebut merupakan roda empat edisi terbatas yang diproduksi oleh Toyota.

Pilihan menggunakan Toyota Camry tentu tak begitu mencolok dibanding negara tetangga, Australia yang hadir memboyong sedan andalan Jerman, Mercedes Benz S-Class Limousine.

3 dari 4 halaman

2. Afghanistan

2. Afghanistan

Meskipun kondisi perekonomian Afghanistan saat ini tengah carut marut, pemerintah negara yang berseberangan dengan wilayah Pakistan tersebut nyatanya turut hadir di Senayan. 

Pada pelantikan presiden RI ke-7 hari ini, Senin (20/10/2014), Dubes Afghanistan hadir menggunakan varian Mercedes Benz E-Class lansiran tahun 2007. Desain ini dapat dikenali karena masih mengusung model dual eyes.

Tentunya, kendaraan 'tahun lama' ini tak terlihat wah layaknya Chevrolet Suburban tahun anyar yang tampak kinclong milik Kedubes AS di Indonesia.

4 dari 4 halaman

3. Kamboja

3. Kamboja

Negara berkembang yang terletak di kawasan Asia Tenggara ini memiliki kondisi perekonomian yang tak stabil pasca kisruh politik selama beberapa dekade.

Meskipun memiliki kondisi perekonomian yang tak semapan negara-negara lainnya di Asia Tenggara, pemerintah negara tersebut tetap ingin menampilkan citra negaranya lewat kendaraan para dubesnya.

Layaknya negara berkembang lain, Kamboja pun memilih jasa dari Mercedes Benz E 400. Sedan kelas menengah ini turut digunakan oleh Dubes Kamboja untuk menghadiri pelantikan Presiden RI ke-7, Jokowi-JK. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.