Sukses

Indonesia Energy Marathon Challenge 2014 Tuntas Digelar

Turut diiumumkan pemenang atas 2 kategori, yaitu prototype dan urban concept.

Liputan6.com, Surabaya - Indonesia Energy Marathon Challenge atau IEMC 2014 untuk kali ketiga kembali dihelat ITS dan sukses dilaksanakan di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya pada tanggal 16-19 Oktober 2014 lalu.

Diikuti sebanyak 68 mobil karya mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, di ajang ini para mahasiswa ditantang untuk menciptakan mobil yang irit dan ramah lingkungan.

Untuk itu, setiap mobil karya cipta mahasiswa diuji melewati serangkaian pos uji kelayakan kendaraan, sebelum melakukan race di lintasan. 

Kategori perlombaan sendiri terbagi atas 2 kategori, yaitu prototype dan urban concept. Tiap kategori dibagi menjadi 4 kelas bahan bakar yaitu bensin, diesel, listrik dan etanol.

Tahun ini, IEMC mengusung tema Innovate and Inspire, dengan harapan dapat terus memacu semangat mahasiswa dan masyarakat di seluruh Indonesia dalam pengembangan inovasi kendaraan yang ramah lingkungan. 

“Pelaksanaan IEMC 2014 sebagai bentuk kontribusi guna melahirkan mahasiswa yang unggul dan kreatif dalam bidang otomotif dan pengembangan energi alternatif," ujar Bambang Arip, Ketua Pelaksana IEMC 2014.

Para Pemenang IEMC 2014

Minggu, (19/10/2014), pemenang lomba setiap kelas dan kategori telah diumumkan pada Closing Ceremony.

Pada kategori purwarupa, berikut pemenang tiap kelas bahan bakar: UNJ (juara 1, bensin) dan ITS (juara 2, bensin). ITS (juara 1, diesel) dan UB (juara 2, diesel). ITS (juara 1, etanol) dan Universitas Jember (juara 2, etanol) dan UI (juara 1, listrik) dan UB (juara 2, listrik).

Sedangkan untuk kategori urban, berikut pemenang tiap kelas bahan bakar: ITS (juara 1, bensin) dan UNY (juara 2, bensin). ITS (juara 1, diesel) dan ITB (juara 2, diesel), ITB (juara 1, etanol) dan IST Akprind (juara 2, etanol), ITS (juara 1, listrik) dan Universitas Jember (juara 2, listrik. 

Pada tahun ini, IEMC 2014 turut menjalin kerja sama dengan PT. Autodesk dalam penjurian kategori BestDesign, dimana kategori ini dimenangkan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

Antusiasme ratusan mahasiswa yang memiliki ketertarikan serupa dalam bidang otomotif semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada penutupan, pihak DIKTI mengungkapkan rasa bangga terhadap mahasiswa Indonesia yang semakin kreatif dan kompetitif.

Turut diungkapkan, langkah ini merupakan bentuk nyata untuk membakar semangat mahasiswa dan masyarkat pada umumnya guna terus memajukan kemandirian bangsa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini