Sukses

Perawatan Praktis Mobil Matik, Simak Tipsnya!

Sama seperti mobil pada umumnya, ada beberapa aspek yang perlu mendapat perhatian khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dengan transmisi otomatis kian digandrungi para konsumen dalam negeri, khususnya bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Namun, banyaknya pemikiran awam mengenai perawatan mobil matik yang dinilai lebih menjelimet nyatanya salah besar.

Sama seperti mobil pada umumnya, ada beberapa aspek yang perlu mendapat perhatian khusus. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com uraikan tips mudah merawat transmisi mobil matik:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemeriksaan Rutin yang Penting

Periksa kampas kopling

Perawatan mobil matik bisa dibilang lebih praktis ketimbang mobil manual. Pada kampas kopling misalnya, interval penggantiannya lebih panjang atau lama. Kendati begitu ada baiknya melakukan pengecekan secara berkala dan jangan sampai nunggu aus baru diganti.

Ganti oli transmisi!

Oli transmisi bisa dibilang yang perlu diperhatikan betul bagi Anda pemilik mobil matik. Pasalnya penggantiannya harus dilakukan secara tepat dan jangan sampai telat.

Tips lainnya silahkan klik halaman berikut!

3 dari 3 halaman

Perhatikan Prosisi Transmisi!

Perhatikan posisi transmisi pada kondisi mundur dan berhenti

Nah, ini menjadi hal yang harus dibiasakan para pengendara mobil matik. Pada saat ingin mundur, pastikan kondisi mobil dalam kondisi benar-benar berhenti. Ini dilakukan supaya sistem transmisi lebih awet.

Kemudian, ketika mobil berhenti pada waktu yang lama, sebaiknya pindahkan transmisi ke posisi netral. Hal ini dimaksukan agar gearbox lebih awet serta meringankan kerja kampas rem.

Dan yang tak kalah penting, selalu injak pedal rem sebelum memindahan transmisi dari N ke R atau D. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini