Sukses

Canggihnya Porsche Bakal Limosin Vladimir Putin

Porsche sebagai konsultan juga diminta oleh pemerintah Rusia membantu pengembangan beberapa jenis kendaraan lainnya.

Liputan6.com, Moskow - Vladimir Putin merupakan tokoh yang amat disegani di Rusia. Sebagai kepala negara yang kontroversial, apa kendaraan operasional dari pemegang sabuk karate ban hitam tersebut?

Pemerintah Rusia pun menciptakan sebuah limousin khusus yang diproduksi secara lokal. Meskipun begitu, rupanya jantung penggerak dari mobil kenegaraan ini didatangkan dari Jerman.

Adalah Porsche, pabrikan yang dipercaya oleh pemerintah Rusia sebagai konsultan untuk mengembangkan kendaraan dinas yang akan digunakan oleh para petinggi negara mereka, termasuk Vladimir Putin. Demikian dilansir dari Wroom, Kamis (23/10/2014).

Kendaraan dinas petinggi negara yang dikembangkan oleh Porsche beserta pemerintah Rusia ini akan diproduksi di manufaktur ZMZ dan sebagian besar menggunakan komponen lokal.

Tak hanya limosin, Porsche juga diminta untuk membantu pengembangan beberapa jenis kendaraan lainnya, antara lain SUV, minibus untuk pengawal, serta sedan dan SUV murah untuk dijual secara massal.

Limousin yang akan digunakan oleh Putin pun disuntik mesin V12 dengan kapasitas antara 6,0 hingga 6,6 liter turbocharged yang digarap langsung oleh Porsche. Mesin tersebut kabarnya sanggup memuntahkan tenaga hingga 800 horse power.

Pengembangan yang dilakukan ini kabarnya telah dimulai sejak tahun 2013 lalu. Untuk limousin pertama milik Putin diperkirakan akan selesai diproduksi pada tahun 2017 mendatang. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini