Sukses

Teknologi Ini Diklaim Honda 'Anti Kecelakaan'

Fitur Honda Sensing memanfaatkan sistem dua jenis sensor.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring pengembangan mobil baru, menekan angka kecelakaan di jalan turut menjadi fokus dari pabrikan Jepang, Honda, dalam mengembangkan mobil baru. Untuk itu, Honda Motor Corporation pun mengembangkan sebuah teknologi yang diharapkan mampu menjawab isu tersebut.

Baru-baru ini, pabrikan berlogo 'H' itu menawarkan sebuah solusi teknologi bernama 'Honda Sensing' yang diklaim mampu meningkatkan aspek keselamatan pengendara. Temuan ini rencananya bakal dijadikan sebagai fitur standar pada model All-new Legend yang bakal dilepas ke pasar Jepang di akhir 2014.

Melalui keterangan yang diterima Liputan6.com, Rabu (29/10/2014), semangat dikembangkannya Honda Sensing adalah sebagai bentuk komitmen pabrikan untuk mengurangi kecelakaan yang terjadi pada pengendara hingga pejalan kaki dan mewujudkan konsep "Safety for Everyone."

Dijelaskan, fitur Honda Sensing merupakan sistem yang memanfaatkan dua jenis sensor. Sensor pertama yakni Millimeter-Wave radar dibenamkan pada Front Grille mobil, sedangkan sensor kedua berupa Monucular Camera yang terpasang di bagian dalam kaca depan mobil.

Fungsi sensor

Millimeter-Wave radar difungsikan untuk menangkap objek mencakup pejalan kaki yang umumnya sulit dideteksi. Sementara Monocular Camera dimanfaatkan untuk mengidentifikasi atribut serta ukuran dari pejalan kaki serta target objek lainnya dalam rentang jarak deteksi kurang lebih 60 meter di depan kendaraan.

Penerapan kedua sensor ini diklaim memiliki presisi yang lebih baik, sehingga fungsi Pedesterian Collision Mitigation Steering System untuk pertama kalinya disisipkan ke dalam fitur Existing Driver-Assistive System.

Tak cuma mendeteksi lingkungan, teknologi ini mampu mengetahui gerakan kendaraan lain berdasarkan komponen-kompenen tertetu, termasuk sistem pengeraman dan kemudi.

Selain itu, teknologi inijuga memiliki fungsi Following Distance Control dan Lane Keeping Control untuk memungkinkan pengemudi dapat menghindari risiko-risiko kecelakaan selama di jalan.

Tak cuma diterapkan pada All-new Legend, Honda Sensing turut menjadi fitur wajib bagi mobil-mobil baru keluaran tahun 2015. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini