Sukses

AeroMobil 3.0, Kendaraan yang Sanggup Ngebut di Darat dan Udara

Seperti namanya, AeroMobil 3.0 ini bisa bertransformasi dari sebuah mobil menjadi pesawat terbang.

Liputan6.com, Bratislava - Inovasi-inovasi di ranah otomotif terus bermunculan, mulai dari mobil tanpa sopir, hingga kendaraan terbang yang mampu beroperasi di darat dan udara. Kini, bahkan hadir kendaraan yang sanggup menyisir jalan raya dan mengangkasa bak seekor burung, yang dijuluki PAL-V One.



Kali ini, AeroMobil, yang merupakan sebuah perusahaan berbasis di Slovakia merilis mobil terbang dengan tipe 3.0. Kendaraan futuristik ini dijanjikan mampu membebaskan pengemudinya dari kemacetan dan tarif tol. Demikian dilansir dari Inautonews, Senin (3/11/2014).



Seperti namanya, AeroMobil 3.0 ini bisa bertransformasi dari sebuah mobil menjadi pesawat terbang.

Untuk urusan dimensi, kendaraan ini mengusung panjang 6 meter dengan lebar 2,24 meter saat beroperasi sebagai mobil. Sementara dimensi lebarnya bakal bertambah menjadi 8,32 meter ketika si pengendara berniat untuk mengubah fungsinya sebagai pesawat.



Dijelaskan, AeroMobile 3.0 dibuat mengguankan material komposit, autopilot dan sistem pengembungan parasut. Tak luput, kendaraan ini turut dibekali sistem suspensi khusus untuk meningkatkan kenyamanan kala mendarat di landasan yang kurang rata.



Tak cuma itu, AeroMobil 3.0 dapat terbang dengan landasan pacu sepanjang beberapa ratusan meter.



Menyoal jantung pacu, AeroMobil 3.0 disiokong mesin empat silinder Rotax 912 dengan pendingin. Saat berfungsi sebagai mobil kendaraan ini mampu melaju dengan kecepatan 160 km/jam dan 200 km/jam saat berfungsi sebagai pesawat.

Dalam mode mobil. AeroMobil 3.0 menyedot 8 liter bensin untuk menempuh jarak 100 km. Sedangkan pada mode pesawat, kendaraan ini membutuhkan 15 liter bahan bakar setiap jam. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini