Sukses

Banyak Genangan? Begini Tips Cegah Karat di Kolong Mobil

Liputan6.com, Jakarta Bagian kolong mobil menjadi bagian yang kerap terabaikan oleh sebagian pemilik kendaraan. Letaknya yang berada di bawah membuat para pemilik mobil malas untuk melakukan perawatan ataupun hanya sekedar memeriksa kelayakan komponen yang berada di dalamnya.

Meskipun begitu bagian kolong terdapat banyak komponen mobil yang cukup vital yang amat menunjang performa dan kinerja sebuah mobil. Letaknya yang berada di bagian bawah tentu membuat banyak komponen kerap bersinggungan dengan kotoran yang berasal dari jalanan baik debu ataupun cipratan lumpur.

Agar tidak timbul lapisan karat pada kolong mobil berikut ini trik pencegahan korosi pada komponen yang ada di bagian kolong yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1 dari 3 halaman

1. Minta Lapisan Anti Karat

1. Minta Lapisan Anti Karat

Saat pertama kali membeli mobil, Anda harus memastikan jika mobil tersebut telah mendapat lapisan anti karat atau coating terutama pada komponen yang berada di kolong mobil. Hal ini untuk mencegah timbulnya korosi akibat cipratan lumpur ketika mobil sering digunakan melalui jalanan yang tergenang dan becek.

Untuk itulah penggunaan lapisan anti karat pada mobil sangat dibutuhkan. Sayangnya, baru sebagian produsen mobil saja yang telah melapisi komponen yang berada pada kolong mobil dengan lapisan coating.

Jika mobil yang anda beli tidak mendapatkan lapisan coating terutama pada kolongnya, Anda cukup membawa ke bengkel resmi atau bengkel cat yang menerima order coating. Untuk biaya coating pun relatif terjangkau yaitu mulai dari Rp 100 ribu.

2 dari 3 halaman

2. Cuci Kolong Mobil

2. Cuci Kolong Mobil

Saat anda melewati jalanan yang becek, tentu cipratan lumpur dan air akan menempel di kolong mobil. Tumpukan kotoran tersebut bila lama menempel pada logam tentu akan menimbulkan karat.

Hal ini bila terus terjadi tentu akan membuat kinerja komponen mobil yang berada pada bagian tersebut akan terganggu dan lama-kelamaan karat tersebut akan menimbulkan korosi yang membuat material logam menjadi keropos.

Bila mobil anda belum dilapisi oleh coating, sebaiknya Anda rutin mencuci kolong setidaknya seminggu sekali atau setelah melewati jalanan yang becek. Langkahnya pun tidak terlalu sulit, Anda hanya cukup menyemprotkan air bersih ke bagian kaki-kaki dan komponen lainnya yang kerap terkena cipratan lumpur.

Air yang bersih dapat melunturkan sisa-sisa lumpur dan debu yang menempel sehingga dapat mencegah komponen logam terkena korosi.

Artikel Selanjutnya
5 Cara Bikin Tikus Malas Mampir ke Rumah Anda
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Ulah Emak-Emak dan Cicilan Murah