Sukses

7 Prestasi & Kontroversi Mesin Diesel Sepanjang Masa

Sejak Hitler berkuasa, jenis mesin ini nyatanya telah dibenamkan sebagai dapur pacu kendaraan kelas premium.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pengguna kendaraan dengan mesin diesel? Anda patut bangga, sebab mesin dengan mekanisme besutan Rudolph Diesel tersebut nyatanya punya prestasi segudang.

Bagi masyarakat awam, mesin diesel memang identik dengan ‘kerja berat’. Deru suara yang khas dari mesin ini mencitrakan jika kinerjanya identik dengan kendaraan niaga ala truk.

Di Tanah Air sendiri, jenis mesin ini pernah disukai karena merupakan bahan bakar berbiaya murah di masa lalu. mesin ini juga dikenal memiliki ‘kinerja’ ekstra yang ditawarkan oleh pemegang patennya, Rudolph Diesel.

Namun demikian, sejak Hitler berkuasa di benua biru Eropa, nyatanya kendaraan jenis premium juga telah memercayakan untuk menggendong mesin jenis ini. Mesin ini memang punya segudang prestasi, walaupun beberapa mengundang kontroversi. 

Apa sajakah? Berikut Liputan6.com rangkum untuk Anda:

1. Kendaraan Tercepat di Dunia

Kendaraan tercepat di muka bumi yang menggendong mesin diesel adalah JCB Dieselmax. Kendaraan ini berwujud jet darat dan sukses mencatat rekor 563 km/jam di Bonneville salt, Utah, Amerika Serikat.

Silahkan klik halaman selanjutnya untuk prestasi & kontroversi mesin diesel, dirangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Juara Lomba Ketahanan 24-Jam Le Mans

2. Juara Lomba Ketahanan 24-Jam Le Mans

Lomba ketahanan 24 jam Le Mans selama ini bak menjadi tolok ukur dari durabilitas mesin-mesin pabrikan otomotif dunia. Menjuarai ajang internasional ini tentu cukup bergengsi bagi para pabrikan kendaraan.

Nyatanya, kendaraan bermesin diesel pernah berjaya pada ajang tahunan yang digelar di Prancis, tersebut. Pada 1998 lalu, salah satu varian BMW 320D yang menggendong mesin 200bhp sukses merajai lomba 24-jam ketahanan di sirkuit legendaris Nürburgring, Jerman.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya.

3 dari 7 halaman

Perdebatan Penemu Pertama

3. Perdebatan Seputar Penemu Pertama

Rudolph Diesel dikenal sebagai pencipta mesin yang kini dikenal dengan nama belakangnya. Pemegang paten satu ini nyatanya tak luput dari kontroversi yang menyertai dirinya.

Pada tahun 1891 silam, mekanisme mesin diesel sendiri dikatakan telah dirintis oleh seseorang berkebangsaan Inggris, Herbert Akroyd Stuart. Alhasil, siapa penemu mesin mekanisme diesel sendiri saat ini masih dalam perdebatan masing-masing pihak.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya.

4 dari 7 halaman

Digemari Hitler

4. Salah Satu Mesin Kendaraan Favorit Hitler

Salah satu kendaraan roda empat diesel eksklusif pertama kali yang pernah diproduksi di dunia adalah Mercedes 260D. Kala itu, Hitler sang diktator kumis tengah menggalang kekuatan.

Diproduksi di tahun 1936, kendaraan tersebut tak pelak menjadi favorit para petinggi Nazi. Selain itu, dalam operasi pembasmian etnis dan kaum Yahudi di Eropa Timur, kendaraan ini menjadi salah satu mesin unggulan petinggi Nazi.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya.

5 dari 7 halaman

Mesin Paling Raksasa di Dunia

5. Mesin Paling Raksasa di Dunia

Wärtsilä-Sulzer mendesain mesin diesel raksasa paling bertenaga di dunia.

Walaupun tak diterapkannya di dunia otomotif, mesin 14-silinder kapal kargo mereka mencatat bobot seberat 2.300 ton yang sanggup melepas tenaga 108.920hp dan torsi 560.832 lb/ft pada 102rpm!

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya.

6 dari 7 halaman

Efek Samping Kesehatan

6. Efek Samping Untuk Kesehatan

Efisien dalam kerja ternyata membawa efek samping dari mesin diesel. Tak lain, hal tersebut berhubungan dengan kesehatan manusia.

Sengaja menghirup bau solar, atau bahan bakar mesin diesel secara berlebihan berpotensi menyebabkan pneumonitis, kerusakan pada paru-paru manusia tingkat atas.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya.

7 dari 7 halaman

Tak Kalah Futuristik

7. Tak Kalah Futuristik

Pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes juga punya kenangan manis bersama mesin diesel. Varian ini memang bukan mobil produksi, melainkan jenis kendaraan purwarupa yang dikembangkan pada tahun 1960-an dan 1970-an.

Varian Mercedes C111 sanggup melibas aspal hingga 202mph dengan dukungan mesin diesel berkekuatan 230bhp. Didesain dengan penampakan futuristik pada jaman ‘retro’, kehadiran sang primadona ini bagai magnet di jalan raya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini