Sukses

4 Kebiasaan yang Bikin Kendaraan Irit BBM

Pengguna roda empat dituntut memutar otak agar konsumsi BBM tetap efisien

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan harga BBM yang mulai diberlakukan pada Kamis (18/11/2014) membuat pengguna mobil harus memutar otak agar konsumsi BBM tetap efisien. Harga bahan bakar yang tak murah menjadi tantangan tersendiri untuk berhemat hingga sampai ke tempat tujuan.

Berikut aneka tips guna menghemat bahan bakar kendaraan selama di perjalanan:

1. Berkendaralah dengan cermat

Kondisi lali lintas di Indonesia terutama di kota-kota besar memang tidak bisa diprediksi. Jalur utama yang biasa dilalui terkadang lancar namun tak jarang mengalami kemacetan total.

Oleh karena kondisi lalu lintas yang tak menentu, perhatikan gaya mengemudi Anda. Injaklah pedal gas dengan perlahan dan tetap jaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan, sehingga putaran mesin tidak terlalu tinggi.

Tak hanya menghemat bahan bakar, langkah ini juga dapat mengurangi beban kerja kendaraan dari aktivitas pengereman dan gas mendadak yang cenderung lebih boros bahan bakar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Matikan mesin saat berhenti cukup lama

2. Matikan mesin saat berhenti cukup lama

Sebagian orang memiliki kebiasaan menghidupkan mesin saat berhenti cukup lama. Saat mesin terus menyala, konsumsi BBM pun akan terus berjalan

Tak hanya menjadi lebih boros, pendinginan pada mesin pun menjadi tidak maksimal karena tidak mendapat hembusan angin seperti ketika mobil tengah melaju.

3 dari 4 halaman

3. Gunakan fasilitas dan fitur pada kendaraan secara efisien

3. Gunakan fasilitas dan fitur pada kendaraan secara efisien

Beberapa kota besar di Indonesia sebagian wilayahnya berada pada daerah dataran rendah. Tentu, suhu udaranya lebih panas ketimbang di perbukitan.

Perangkat AC menjadi barang wajib bagi pengguna mobil saat melintasi jalanan saat cuaca sedang terik. Saat cuaca sedang bersahabat di musim hujan seperti ini, Anda dapat mematikan pendingin udara pada mobil dan membuka sedikit kaca jendela ketika kondisi jalan yang cukup lengang dan sejuk.

Saat AC dimatikan, beban mesin pun menjadi berkurang sehingga menekan penggunaan BBM.

4 dari 4 halaman

4. Periksa secara berkala kondisi kendaraan

4. Periksa secara berkala kondisi kendaraan

Komponen mobil yang sering bekerja keras diupayakan untuk diperiksa secara berkala seperti contohnya tekanan ban dan mengganti oli pada waktunya. Hal ini tentu membuat kinerja kendaraan tetap dalam kondisi terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini