Sukses

Mengintip Canggihnya Pusat Perbaikan Bodi Mobil Milik Suzuki

Berlokasi di Jakarta Timur, area seluas 4.300 meter persegi ini siap mereparasi hingga 600 kendaraan setiap bulannya.

Liputan6.com, Jakarta - Terletak di Jl. Raya Bekasi KM. 19, Rawa Terate, Pulo Gadung, Pusat Perbaikan Bodi mobil milik Suzuki yang baru saja diperkenalkan pada Selasa (18/11/2014) lalu ini hadir dengan berbagai teknologi terkini.

Atas kesiapan tersebut, PT Sejahtera Buana Trada (SBT) selaku manajemen dari Pusat Perbaikan Bodi milik Suzuki pun percaya diri untuk menerima reparasi bodi tak hanya kendaraan berlogo S, namun juga mobil merek lain.

Seperti apa canggihnya Pusat Perbaikan Bodi Suzuki yang dilengkapi 3 stall bench, 3 stall preparation booth, 3 masking stall, 7 spray booth, dan 5 stall pemolesan tersebut?

1. Pembersihan Kendaraan Pra Perbaikan.

Paling pertama, proses perbaikan bodi yang dilakukan paling awal adalah dengan mencuci kendaraan sebelum diperbaiki (underbody dan eksterior).

Selanjutnya, masuk ke tahap perbaikan primer, kendaraan yang telah bersih akan dilakukan pembongkaran sesuai dengan item perbaikan yang akan dilakukan.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengetokan

2. Proses Pengetokan

Proses awal dari perbaikan utama adalah pengetokan. Untuk keperluan tersebut, PT SBT memiliki lima stall pendukung bagi mobil-mobil yang masuk proses tersebut. Dalam proses tersebut, dilakukan proses MIG Welding.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya

3 dari 5 halaman

Tarik Bodi

3. Tarik Bodi

Istilah proses tarik bodi dilakukan apabila dalam perbaikan suatu panel atau rangka didapati penyok atau bengkok. Untuk melakukan proses tarik bodi tersebut digunakan bantuan alat  kami menggunakan proses tarik dengan bantuan alat tarik bodi car-o-liner."

Herli juga mengatakan untuk alat tarik ini memiliki tiga stall bench, yakni dua stall untuk perbaikan sasis menengah atau berat dan satu stall untuk perbaikan sasis ringan.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya

4 dari 5 halaman

Pengecatan

4. Pengecatan

Proses pengecatan di Pusat Perbaikan Bodi Suzuki menggunakan salah satu cat ternama di dunia bermerek Sikkens.

Mendukung kinerja maksimal untuk proses pengecatan, digunakan kompresor jenis screw dan air dryer. Tujuannya, angin yang dihasilkan benar-benar bebas dari air dan minyak untuk kualitas tinggi.

Untuk pemeriksaan akhir dilakukan quality check staff dengan menggunakan final inspection check sheet. Pada tahap ini, diperiksa kondisi kendaraan, mulai dari tampak luar, kebersihan eksterior dan interior, fungsi kelistrikan.

5 dari 5 halaman

Pemolesan

5. Pemolesan

Pemolesan dan detailing menjadi tahap terakhir dari reparasi kendaraan yang masuk ke Pusat Perbaikan Bodi Suzuki. Pasca melewati tahap ini, mobil pun siap dikembalikan kepada konsumen.

Produk-produk yang digunakan untuk proses ini menggunakan manufaktur auto detailing ternama dunia asal Amerika Serikat (AS) bermerek 3M.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.