Sukses

Humvee Produksi Tiongkok? Cuma Beda Logo

Replikan Humvee dari Dongfeng tersebut diperkenalkan di ajang Zhuhai Airshow 2014.

Liputan6.com, Beijing - Anda yang gemar film action tentu akrab dengan nama Humvee. Kendaraan tempur jenis SUV ini memang kendaraan taktis resmi dari tentara Amerika Serikat.

Rupanya, jauh di belahan benua lain, ketangguhan dari mobil yang diproduksi oleh General Motors tersebut sukses memukau kalangan industri Tiongkok. Apa yang terjadi, Tirai Bambu pun membuat tiruan dari Humvee. Adalah Dongfeng, perusahaan otomotif yang melakoni tiruan dari Humvee tersebut.

Melansir laman Autoevolution, Jumat (21/11/2014), Humvee versi Dongfeng ini diberi nama EQ2025. Kendaraan tempur (ranpur) ini beberapa waktu yang lalu diperkenalkan pada ajang Zhuhai Airshow 2014.

Dikatakan, tiruan Humvee ini juga hadir dengan varian enam roda yang mereka sebut sebagai Armored Fighting Vehicle (AFV) dengan nama EQ2050. AFV ini diklaim sanggup membawa personil militer hingga 14 orang di dalamnya.

Sebagai jantung penggeraknya, Dongfeng membekali ranpur ini dengan mesin V8 berkapasitas 4,0 liter bertenaga diesel Cummins yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 horse power dengan torsi 502 Nm. Mesin tersebut sanggup membuat AFV berlari mencapai kecepatan maksimal 130 km/jam.

Tentu, Dongfeng pun ingin mengikuti jejak Humvee yang juga menyediakan versi sipil dari EQ2025. Versi sipil dari EQ2025 hadir dengan spesifikasi mesin yang serupa namun tidak menggunakan lapisan baja serta senjata. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini