Sukses

Korlantas Polri: Angka Kecelakaan di Indonesia Mengerikan

Secara total sebesar 70 persen kecelakaan lalu lintas berasal dari sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah kecelakaan yang terjadi di Indonesia masih menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Secara total, sebesar 70 persen kecelakaan lalu lintas berasal dari sepeda motor.

"Pengendara kita menjadi sorotan dunia dalam hal kecelakaan lalu lintas. Terlebih lagi roda dua yang berkontribusi sebesar 70 persen," ungkap Kombes Pol Drs. Ashanur Rozimi di acara 'Road Safety Campaign' yang digelar Forum Wartawan Otomotif (Forwot) dan PT Astra Honda Motor (AHM), Jumat (21/11/2014).

Lanjut dia, berdasarkan teori dari World Health Organization (WHO), kecelakaan yang terjadi di Indonesia itu mencapai 50 ribu pada tahun 2013. Tetapi, berkat sejumlah program safety riding dan penegakkan aturan di jalan, angkanya bisa ditekan menjadi 39 ribu kasus.

"‎Teori dari WHO yang berdasarkan jumlah penduduk dengan kendaraan yang ada, mengerikan," katanya.

Oleh sebab itu, untuk menekan ‎kasus kecelakaan, kepolisian terus menerus melakukan kegiatan safety riding dengan melibatkan masyarakat dan para produsen kendaraan.

"Produsen kendaraan tidak hanya jualan. Tapi harus berpartisipasi dalam mengedukasi pemilik kendaraan untuk patuh pada aturan di jalan dan merubah prilaku berkendara yang aman," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.