Sukses

Menteri Perindustrian Jenguk Pabrik Baru AHM di Karawang

Pabrik baru AHM di Karawang menelan biaya hingga Rp 3,3 triliun.

Liputan6.com, Karawang - Menjelang peresmiannya pada bulan Desember mendatang, pabrik baru PT Astra Honda Motor (AHM) yang berlokasi di Karawang mendapat kunjungan dari Menteri Perindustrian Saleh Husin. 

Dalam kunjungannya, Menteri Perindustrian Saleh Husin mendapatkan penjelasan detil dari manajemen AHM terkait dengan pabrik baru yang mulai dibangun awal 2013.

Menteri Perindustrian juga sempat memeriksa fasilitas kerja dan berdiskusi dengan karyawan pabrik baru yang berlokasi di area seluas 84 hektar di Kawasan Industri Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat.

"Pabrik baru yang akan dibuka bulan Desember mendatang memiliki kapasitas produksi 1,1 juta unit/tahun dan akan menyerap lebih dari 3.000 tenaga kerja baru.

Pabrik ini melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya, yaitu yang berlokasi di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang," papar Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Lebih lanjut, ia menjelaskan jika berdirinya pabrik baru AHM di Karawang membuat total kapasitas produksi AHM secara keseluruhan akan menjadi 5,3 juta unit/tahun dengan kemampuan menyerap lebih dari 22.000 karyawan.

Mengimplementasikan konsep green company, pabrik baru AHM ini bakal menggunakan bahan baku ramah lingkungan dan sumber daya alam, seperti pembangkit listrik tenaga surya. Untuk pembangunannya, perusahaan telah menanamkan modal sebesar Rp 3,3 triliun.

"Kami ingin membuat kontribusi kami bagi bangsa secara lebih nyata dengan menjajaki kemungkinan ekspor produk sepeda motor yang diproduksi di pabrik baru ini. Kami berharap tahun depan dapat terealisasi sehingga memperbesar kontribusi kami bagi bangsa dan negara, melalui rantai bisnis Honda yang sudah terbangun sebelumnya," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.