Sukses

Ditiru Habis-habisan di Tiongkok, Land Rover 'Ngamuk'

Landwind X7 meniru mentah-mentah desain dari Range Rover Evoque.

Liputan6.com, Beijing - Produsen kendaraan kelas dunia, Land Rover, tengah murka. Pasalnya, kendaraan premium mereka, yaitu SUV legendaris jenis Range Rover Evoque ditiru habis-habisan oleh industri 'rumahan' Tiongkok.

Land Rover tak sendirian. Sebelumnya, berbagai nama besar produsen roda empat asal barat memang telah menyuarakan nada sumbang atas industri otomotif Tiongkok yang gemar mereplika produk mereka.

Apa gerangan? Tak lain karena permintaan pasar otomotif di Tiongkok demikian besarnya. Untuk menyambut antusiasme tersebut, industri rumahan Tiongkok pun mengambil jalan pintas dengan mereplika ikon kendaraan-kendaraan mewah asal barat.

Kini, Land Rover tak m­ain-main. Pabrikan yang kini berada di bawah Tata Motors tersebut bakal ambil langkah tegas setelah hadirnya Landwind X7 yang meniru mentah-mentah desain dari Evoque. Demikian dilansir dari Inautonews pada Kamis (27/11/2014).

Murka Land Rover berawal dari perhelatan Guangzhou Motor Show yang mengambil tempat di Tiongkok beberapa waktu lalu. Pasca unjuk giginya SUV Landwind X7, Land Rover pun terkesima setelah melihat replika Evoque tersebut turut hadir di lokasi tersebut.

Makin bikin geram, Land Rover berkilah jika pencurian hak cipta tersebut sangat memalukan karena langsung disaksikan oleh pejabat Tiongkok yang seharusnya menegakkan aturan tegas. "Fakta di lapangan ini membuktikan jika yang terjadi di Tiongkok sangat mengecewakan," ujar Ralf Speth, CEO dari Jaguar Land-Rover. (Des/Des)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini