Sukses

Indonesia Road Safety Award 2014 Nobatkan Tiga Kota Tertib Lantas

Penilaian berdasarkan 5 pilar road safety yang diterapkan oleh WHO.

Liputan6.com, Jakarta - PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) kembali menobatkan tiga kota yang dinilai paling berhasil menerapkan tata kelola keselamatan di jalan (road safety) lewat penghargaan ’Indonesia Road Safety Award 2014’ pada Rabu (26/11/2014) lalu.

Adapun pada tahun ini, kota pertama yang sukses mendapat apresiasi tersebut jatuh kepada Kota Tangerang untuk kategori kota metropolitan. Kategori kota besar disabet oleh Balikpapan, sementara untuk kota sedang diraih oleh Probolinggo.

Keputusan tiga kota tersebut diambil lewat serangkaian penilaian, termasuk focus group discussion, survei dan penjurian dari 10 kota lain yang masuk dalam tiga kategori tersebut. 

Untuk kategori kota sedang sendiri, diantara turut bersaing Yogyakarta, Probolinggo dan Prabumulih. Sedangkan kota besar, diantaranya Balikpapan, Jambi, dan Wonosobo. Paling puncak, kota metropolitan, turut bersaing diantaranya Bekasi, Tangerang, Kabupaten Sleman dan Kota Tangerang selatan. 

Di 2014 ini, atau pada kali kedua penyelenggarannya, juri terdiri dari Darmaningtyas, Ir. Hotma P. Simanjuntak, Ir. Iskandar Abubakar, Rita Djupuri, Ir. Nurmala Simanjuntak, MEngSc, dan Toriq Hadad.

Serupa dengan penyelenggarakan di tahun pertama, untuk penilaian terhadap kota atau kabupaten terbaik dalam hal road safety management, merujuk pada lima pilar road safety yang diterapkan oleh WHO.

Lima pilar tersebut adalah Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User) dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Post-Crash Response). Sementara, kota dan kabupaten dibagi dalam 3 kategori, yaitu Kategori Kota Sedang; Kota Besar; dan Kota Metropolitan.

Faktor Penilaian

Kota-kota yang dipilih untuk dilakukan survey ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal, jumlah penduduk, perbandingan jumlah penduduk dengan jumlah korban meninggal, serta berbagai pertimbangan lainnya yang relevan.

Sejumlah pakar diminta untuk memilih dan melakukan ranking terhadap kota-kota terbaik untuk setiap kategori  berdasarkan data yang tersedia, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki oleh setiap pakar. Kota-kota yang memiliki ranking terbaik dipilih menjadi nominasi kota survey.

“Kami berharap penghargaan IRSA menjadi pemacu semangat pemerintah daerah untuk senantiasa memperlihatkan keseriusan dalam menerapkan tata kelola keselamatan di jalan raya yang harus dipatuhi secara sadar oleh seluruh elemen masyarakat," jelas Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance.

Penganugerahan IRSA 2014 juga didukung oleh berbagai pihak, termasuk Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kesehatan, WHO, Global Road Safety Partnership,Road Safety Association, dan Masyarakat Transportasi Indonesia. (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini