Sukses

Tambah Lab Otomotif SMK, AHM Perkuat Komitmen di Pulau Dewata

Laboratorium tersebut digunakan sebagai sarana praktik implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.

Liputan6.com, Karangasem - PT Astra Honda Motor (AHM) melalui Astra Motor Denpasar, pada Jumat (28/11) meresmikan laboratorium otomotif SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali. Laboratorium ini akan digunakan sebagai sarana praktik implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.

SMK Negeri 1 Manggis Karangasem sendiri menjadi sekolah kedua di Pulau Dewata yang mengimplementasikan KTSM Honda. Sebelumnya, AHM telah lebih dahulu melakukan penandatanganan MoU bersama dengan SMK PGRI 2 Badung.

"Silabus KTSM Honda ini dikembangkan dengan memadukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi pelatihan teknik Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS)," papar Deputy Head of Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin.

Untuk memaksimalkan implementasi KTSM Honda, AHM menentukan standar khusus bagi laboratorium tempat praktik siswa SMK KTSM Honda.

AHM juga memberikan donasi unit sepeda motor dan peralatan khusus untuk mendukung siswa mempraktekkan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya di dalam kelas terkait sepeda motor dan teknologi terkini Honda.

“Tahun depan kami harapkan jumlah SMK KTSM Honda ini bisa menjadi 500 SMK. Kami nantinya tidak hanya fokus pada kuantitas tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi KTSM Honda dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa dan meningkatkan status SMK KTSM Honda yang ada menjadi SMK Tempat Uji Kompetensi keterampilan teknik sepeda motor,” ungkapnya.

Implementasi program KTSM Honda sendiri telah memasuki tahun kelima di Tanah Air. Wujudnya, program tersebut tersebar luas dari Aceh sampai Papua dengan jumlah hampir 300 SMK.

Untuk menjamin kualitas lulusan SMK KTSM Honda, secara periodik AHM menggelar pelatihan khusus kepada para guru SMK KTSM Honda dengan memberikan materi dan pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di sepeda motor Honda.

AHM bekerja sama dengan jaringan main dealer juga secara secara rutin mengadakan kontes teknik antar siswa SMK untuk menguji keterampilan mereka.

Dengan upaya ini diharapkan setiap SMK KTSM Honda dapat melahirkan mekanik-mekanik muda yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi untuk memasuki dunia kerja. (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini