Sukses

6 Teknologi Kendaraan yang Buat Kaum Difabel Nyaman

Beberapa teknologi di bidang otomotif yang memprioritaskan kaum difabel.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, kaum difabel di Tanah Air kerap mengalami kesulitan kala bepergian. Berbeda dengan benua biru Eropa dan Amerika Serikat (AS) yang lebih dahulu memfasilitasi penyandang cacat, beragam fasilitas tersebut masih dirasa minim di nusantara.

Dari industri otomotif, kisah inspiratif Mario Bonfante Jr, yang hampir mengakhiri karir balapnya karena kecelakaan tragis dapat menjadi sumber inspirasi. Berkat sistem kontrol khusus yang di pasang pada mobil balap BMW M3 E46 miliknya, sang pebalap kawakan dapat terus mengaspal untuk meraih prestasi.

Lantas, apa saja adaptasi teknologi di industri roda empat yang kini makin bersahabat dengan kaum difabel? Berikut rangkumannya, dilansir dari Carmudi, pada Kamis (4/12/2014).

Tombol Push Berkendara

Fitur bawaaan pada Ford Edge ini memungkinkan untuk mengontrol seluruh mobil, mulai dari dari roda kemudi cukup dengan menekan beberapa tombol yang ada. Misalnya,jika Anda memiliki kesulitan memutar kepala Anda,ada perangkat sensor yang memperingatkan Anda. Harga: $ 28.000 - $ 37.000.

Satu lagi inovasi di kelas yang sama ada pada Chevrolet Traverse. Mobil berkabin luas ini dilengkapi dengan perangkat kontrol penuh dan posisi kursi yang multifungsi. Mobil produksi General Motors ini hadir dengan mesin V6 3,6 liter dan menghasilkan 288 tenaga kuda. Harga: $ 29.000 - $ 31.000

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mobil Khusus untuk Kaum Difabel

Mobil yang Diciptakan Khusus untuk Kaum Difabel

Keleluasaan bagi para difabel untuk dapat memiliki kendaraan sendiri kini dapat diwujudkan lewat mobil khusus bermerek Elbee. Roda empat yang dapat langsung dikendarai kaum difabel ini memastikan mobilitas independen bagi pengguna kursi roda. Alhasil, mereka dapat berkendara tanpa haruss beranjak dari kursi roda miliknya.

Tentunya, dengan fitur tersebut, tak lagi ada kerumitan untuk melipat atau memasang kursi roda kaum difabel ke dalam bagasi. Para penyandang cacat pun cukup masuk ke dalam kendaraan tersebut dengan kursi roda mereka dan langsung mengemudikannya.

Selain itu, kendaraan Elbee ini juga ramah lingkungan dengan konsumsi BBM 4,5 liter/100km. Tentunya, mobil ini tak kalah dibanding kendaraan normal lainnya. Di negara asalnya, mobil ini dibanderol seharga US$ 22.500.

Sabuk Pengaman Multifungsi

EZ-ON 86Y adalah harness atau sabuk universal yang dilengkapi di dalam mobil keluarga dan dirancang khusus guna menjaga keamanan anak-anak penyandang disabilitas selama perjalanan.

Perangkat ini memastikan bahwa anak-anak terjaga aman di dalam mobil, bahkan jika mobil mengaspal di tengah jalan bergelombang atau berlubang besar. Lainnya, sabuk ini masih memungkinkan untuk melepas cepat dalam keadaan darurat. Perangkat ini sendiri ada di kisaran harga US$80 hingga US$150.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya

3 dari 4 halaman

Jok Mobil dan Kontrol Tangan yang Disesuaikan

Jok Mobil Berputar

Kursi atau jok mobil yang dapat berputar 360 derajat kini siap memfasilitasi gerak kaum difabel di atas kendaraan. Produk ini sendiri salah satunya diproduksi oleh Motion Performance Essentials. Dengan produk ini, kaum difabel difasilitasi untuk memutar tubuh dan kaki serta bermanuver masuk dan keluar kendaraan dengan mudah.

Hal ini dikendalikan oleh tali yang dilepas yang melekat pada sabuk pengaman dengan berat sekitar 2kg,memungkinkan untuk membawa orang-orang yang beratnya mencapai 115kg. Harga jok mobil khusus difabel ini ada di kisaran US$20 hingga US$60.

Kontrol Sentral

Rem, push-pull dan akselerator kontrol tangan yang diproduksi oleh Alfred Bekker dapat dipasang ke mobil tipe apapun. Fungsinya? Tentu untuk membuat aktivitas mengemudi menjadi nyaman bagi mereka yang tak dapat menggunakan pedal kaki.

Selain itu, tombol wireless yang ada di roda kemudi mobil memungkinkan kaum difabel untuk dapat mengoperasikan remote lampu, wiper, klakson dan banyak lagi. Harga untuk peralatan ini sendiri ada di kisaran US$380 hingga US$550.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya

4 dari 4 halaman

Mobil Self-Driving

Mobil Self-Driving

Memang, saat ini mobil self-driving masih dalam pengembangan. Namun, tak menutup kemungkinan, jenis mobil ini akan menjadi salah satu moda transportasi terbaik untuk mendukunga mobilitas para penyandang disabilitas.

Kendaraan otonom akan beroperasi dengan mekanisme radar, LIDAR, GPS, dan visi ala komputer. Sistem kontrol canggih yang ada selanjutnya akan menafsirkan informasi sensorik guna mengidentifikasi perjalanan, mulai dari jalur navigasi, hambatan hingga faktor-faktor pendukung lain. (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.