Sukses

Mobil Paling Murah di Dunia, Daihatsu Ayla Masuk Daftar! (1)

Bagi pembeli pertama (first user) kendaraan jenis ini pun menjadi alternatif pilihan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma di Indonesia, dalam sepanjang sejarah otomotif dunia, terdapat daftar mobil-mobil yang dilempar dengan banderol murah.

Kehadiran mobil murah ini pun sukses menjadi perhatian para konsumen. Bagi pembeli pertama (first user) kendaraan jenis ini pun menjadi alternatif pilihan.

Nah, dilansir dari Jalopnik, Kamis (18/12/2014), berikut Liputan6.com uraikan daftar mobil murah di dunia:

-- Morris Minor

Mobil murah kebanggaan rakyat Inggris ini pertama kali diperkenalkan pada Earls Court Motor Show, London, pada 20 September 1948 silam.



Alec Issigonis menjadi perancang mobil ini. Mobil yang diproduksi sepanjang 1948 hingga 1972 ini terjual lebih dari 1,3 juta unit.

Pada masanya, mobil ini dibanderol seharga US$ 12.500 atau setara Rp 158 juta (estimasi kurs Rp 12.649 per dolar AS).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next!


-- LCGC (Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Suzuki Wagon R, dan Datsun Go)

Tak cuma dari kancah luar negeri, Indonesia nyatanya dikenal dunia berkat mampu menyediakan mobil murah melalui program Low Cost Green Car (LCGC). Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Suzuki Wagon R, dan Datsun Go dikenal penggiat otomotif dunia sebagai mobil murah yang beredar di dunia.



Adapun, mobil yang dipatok pemerintah memiliki harga dasar Rp 95 juta itu pun laris manis. Meskipun harga untuk Daihatsu Ayla dan Toyota Agya telah dikoreksi seiring tingkat inflasi, kenaikan harga, dan upah buruh.

-- Fiat 500 Topilino

Fiat 500 yang juga dikenal Topolini merupakan mobil yang diproduksi pada 1936 hingga 1955. Hingga akhir Perang Dunia Kedua, mobil asal Negeri Piza ini telah terjual lebih dari 520 ribu unit. Pada masanya, Fiat 500 dibanderol seharga US$ 5.434 atau setara Rp 68,7 juta.


-- Peel P50

Mobil mikro tiga roda ini dibesut pada tahun 1962 hingga 1965 oleh Peel Engineering Company di Isle of Man. Tak cuma murah, mobil ini juga menyabet rekor dunia versi Guiness Book of Records pada 2010 sebagai mobil termungil di dunia.


Mobil yang dirancang sebagai city car hanya bisa menampung satu orang dewasa. Peel P50 hanya memiliki pintu di isisi kiri dan turut dikemas dengan wiper dan satu lampu utama sebagai fitur penerang untuk meningkatkan visibilitas.

Di eranya, Peel P50 bisa dibawa pulang dengan merogoh kocek US$ 4.420 atau setara Rp 55,9 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.