Sukses

Libur Panjang, Saatnya Rawat Skutik Kesayangan

Perawatan ringan skutik dapat dilakukan sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang telah tiba, tak hanya pemotor yang dapat beristirahat tetapi juga tunggangannya. Setelah sekian hari menempuh jarak yang cukup jauh untuk mengantar bekerja atau kuliah, sudah saatnya Anda memeriksa kesehatan skutik kesayangan.

Tentu anda yang awam sedikit bingung bagaimana cara merawat skutik. Adapun perawatan tunggangan tanpa gigi ini cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri dirumah.

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan skutik yang berhasil dihimpun oleh Liputan6.com dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ganti Oli Girboks

1. Ganti Oli Girboks

Skutik digerakkan tanpa menggunakan gigi rasio. Pun begitu, jenis motor ini tetap menggunakan gigi penggerak roda.

Berbeda halnya dengan motor bebek atau sport yang hanya menggunakan oli mesin yang digunakan untuk sekaligus melumasi gigi-gigi rasio pada girboks, skutik menggunakan dua oli yakni oli mesin dan oli girboks.

Periode penggantian oli girboks ini mencapai 8 ribu kilometer. Meskipun periodenya cukup lama, oli girboks tetap wajib diganti secara rutin agar gardan tetap bekerja secara optimal.

Saat senggang, anda dapat mengganti oli girboks pada skutik anda. Untuk mengetahui apakah oli gardan sudah waktunya diganti atau belum pun cukup mudah, cirinya antara lain muncul suara kasar di dekat roda yang menandakan oli pada gardan sudah cukup encer dan tidak lagi melumasi secara maksimal.

Caranya, buka baut pembuangan oli cvt yang ada di dekat roda untuk mengeluarkan sisa oli sampai habis. Setelah habis, tutup baut pembuangan dan isi kembali oli girboks dengan yang baru.

3 dari 4 halaman

2. Bersihkan filter udara

2. Bersihkan filter udara

Sama seperti manusia yang selalu butuh udara segar dan bersih untuk bernapas, skutik pun juga demikian. Jika anda kerap melewati jalan yang berdebu, sudah tentu filter udara akan cepat kotor karena harus menyaring udara bersih yang dibutuhkan CVT.

Di beberapa sepeda motor yang telah menggunakan filter tipe basah, anda dapat membersihkannya sendiri menggunakan kuas kering sampai sisa-sia debu yang menempel hilang jika kondisi filter belum terlalu kotor. Namun jika kondisi filter sudah amat kotor, sebaiknya ganti dengan yang baru karena tidak dapat dibersihkan.

Namun jika skutik Anda menggunakan filter berbahan busa, Anda dapat mencucinya dengan sabun sampai bersih. Jangan lupa, keringkan sampai tidak ada sisa air yang menempel sebelum dipasang kembali.

4 dari 4 halaman

3. Setel Rem

3. Setel Rem

Setelah digunakan menempuh jarak yang cukup jauh, tentu kondisi kanvas rem telah mengalami aus. Tentunya, hal ini berdampak pada jarak tekan tuas rem belakang menjadi cukup dalam.

Jika pada indikator menunjukkan kondisi kanvas rem masih cukup tebal, anda dapat menyetel jarak tekan dengan memutar mur penyetel pada tromol rem ke kanan searah jarum jam. Cukup putar 1 sampai 2 putaran saja untuk menyetel jarak tekan agar menjadi lebih dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini