Sukses

Jurnalis Otomotif Dorong Wanita Jadi Pelopor Keselamatan Lantas

Kecelakaan lalu lintas masih menjadi pembunuh terbesar ketiga setelah penyakit jantung koroner dan tuberkulosis (TBC).

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan lalu lintas masih menjadi pembunuh terbesar ketiga setelah penyakit jantung koroner dan tuberkulosis (TBC).

Sadar akan hal itu, Forum Wartawan Otomotif (Forwot) bekerjasama dengan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar kegiatan pelatihan keselamatan berkendara khusus untuk perempuan dengan tajuk "Forwot Safety Riding for Ladies 2014." Kegiatan ini dilaksanakan pada 27 September di lapangan parkir Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur.
Jurnalis Otomotif Dorong Wanita Jadi Pelopor Keselamatan Lantas
Lantas mengapa peserta pelatihan keselamatan berkendara kali ini menyasar kaum perempuan?

Menurut Training Director Jakarta Defense Driving Consulitng (JDCC), kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pembekalan kepada kaum hawa mengenai aspek "What, How & Why" berkendara sepeda motor yang baik di jalan raya.

"Sehingga, kesempatan ini akan menjadi modal dalam memengaruhi anggota-anggota keluarga mereka ataupun masyarakat lain mengenai kedisiplinan dan keselamatan berkendara di jalan raya secara lebih efektif, sehinga bisa berperan besar sebagai Pelopor Keselamatan Berlalulintas," ujar Jusri.

Adapun, pelatihan Safety Riding khusus wanita ini diikuti oleh 55 peserta dari komunitas atau klub serta jurnalis. Selama kegiatan, mereka mendapatkan pembekalan teori dan praktik langsung.
Jurnalis Otomotif Dorong Wanita Jadi Pelopor Keselamatan Lantas
Materi yang disajikan meliputi dua sesi, yaknit pertama sesi teori dengan pengetahuan umum mengapa kelompok wanita lebih mudah mengalami kecelakaan lalu lintas? Mengenai fakta dan kenapa kecelakaan terjadi di jalan raya? Peran wanita sebagai Pelopor Keselamatan Berlalulintas dan terakhir Pengetahuan umum sepeda motor saat sedang berjalan. 

Sementara, pada sesi praktik meliputi setting posture, pengereman, menikung dan berkelok di lingkungan terbatas, menanjak dan menurun, lintasan rusak, kontrol dan keseimbangan.

Peserta Cicipi Mio M3 125 Blue Core

Sepanjang jalannya pelatihan, para peserta turut mendapat kesempatan untuk menjajal skutik Yamaha generasi terbaru, New Mio M3 125 berteknologi Blue Core. Assiten GM Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur menyambut baik dengan diadakannya kegiatan tersebut.

"Fitur Eco Drive Indicator memandu pengendara Yamaha New Mio M3 125 untuk berkendara dengan hemat dan aman. Aman karena dengan eco drive, pengendara akan berkendara dengan hati-hati, tidak ngebut dan mengontrol sepeda motor dengan baik," paparnya.

Sementara itu, Forwot Safety Riding kali ini merupakan penyelenggaraan ketiga kalinya sejak tahun 2012. Dua pelatihan sebelumnya diselenggarakan di Tangerang Selatan dan Bandung. Semuanya melibatkan para anggota komunitas/klub sepedamotor dan jurnalis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.