Sukses

Dikecam, Koleksi Ratusan Mobil Mewah Presiden Gabon

Ali Bongo kerap kedapatan memacu mobil-mobil sport mewahnya di jalanan dengan dibuntuti oleh para pengawal.

Liputan6.com, Libreville - Sebuah data mengejutkan berhasil terkuak dari istana kepresidenan Gabon. Data tersebut melansir aneka koleksi mobil-mobil super mewah yang dimiliki oleh presiden Gabon, Ali Bongo.



Tak kurang, merek-merek mobil papan atas dunia seperti Mercedes Benz, Maybach, BMW, hingga Rolls Royce pun menghiasi daftar tersebut. Kabarnya, jumlah mobil yang dimiliki oleh presiden Gabon ini mencapai ratusan unit.



Koleksi mobil-mobil mewah yang dimiliki oleh Ali Bongo ini begitu ironis, sebab lebih dari sepertiga penduduk di negara yang ia pimpin tersebut hidub di bawah garis kemiskinan. Menurut laporan, Ali Bongo kerap kedapatan memacu mobil-mobil sport mewahnya di jalanan dengan dibuntuti oleh para pengawal di belakangnya.



Seperti dilansir dari France24, Selasa (30/12/2014), data ini adalah kontrak pengadaan mobil yang dimulai selang empat bulan Ali Bongo dilantik menjadi presiden. Data yang diperoleh melalui sebuah perusahaan asal Swiss bernama SDP Service ini memaparkan nilai pembelian sejumlah 29 unit kendaraan mewah dengan nilai total mencapai US$ 18 juta.



Di dalam temuan data tersebut terdapat beberapa merek mobil super mewah yang dipesan Ali Bongo diantaranya dua unit Maybach 62 S yang masing-masing seharga 496 ribu Euro, sepasang Rolls Royce Phantom dengan harga satuan 431.800 Euro, serta sepasang Rolls Royce Ghost dengan harga per unitnya 265 ribu Euro.

Dikatakan, dalam kontrak pengadaan mobil ini tidak dijelaskan oleh siapa mobil-mobil tersebut digunakan dan tidak jelas mobil pesanan tersebut dipakai untuk kegiatan apa. Kebiasaan mengoleksi mobil-mobil mewah ala Ali Bongo ini telah dimulai sejak masa pemerintahan ayahnya yakni Omar Bongo yang juga doyan memelihara mobil mewah.

Omar Bongo telah memerintah sebagai Presiden Gabon selama 41 tahun. Setelah Omar wafat, tampuk kepemimpinan negara kaya minyak tersebut diteruskan oleh anaknya yakni Ali Bongo.

Koleksi barang-barang mewah pun memenuhi ruang VIP di kantor Presiden Gabon. Di dalam ruangan tersebut berisi koleksi barang-barang mewah milik presiden yang diantaranya adalah mobil balap F1 dari tim Ferrari berikut helm seharga 6 ribu Euro yang digunakan oleh pebalap Ferrari kala itu, Fernando Alonso. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.