Sukses

Prediksi Motor-motor Anyar yang Siap Berkompetisi di 2015

Apa saja lini model terbaru ataupun versi facelift andalan para ATPM roda dua di 2015 ini?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2015 telah tiba, tentu di awal tahun ini para ATPM sepeda motor tak tinggal diam menyambut tahun kambing kayu. Para ATPM pun kini sedang sibuk mempersiapkan kejutan model-model terbaru yang akan mengisi lini model 2015.

Tak hanya model-model anyar saja yang akan dirilis, pihak ATPM juga mempersiapkan versi facelift dalam menyambut persaingan di tahun 2015.

Ingin tahu apa saja calon dan model-model anyar roda empat tahun depan? Berikut ulasan singkat motor-motor yang bakal bersinar di tahun 2015 dari Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ducati

1. Ducati

Pabrikan sepeda motor asal Italia ini pada kuartal ketiga tahun 2014 lalu sukses merilis moge dengan desain retro yaitu Scrambler. Hadirnya Scrambler ini mendapat sambutan hangat baik dari pecinta roda dua di berbagai penjuru dunia dan menjadi primadona di ajang Eicma 2014.

Tingginya animo konsumen terhadap Scrambler rupanya turut dirasakan di Indonesia. Iwan Gogo Pandjaitan selaku CEO PT Supermoto Indonesia, ATPM Ducati di Indonesia beberapa waktu lalu mengonfirmasi jika pihaknya tertarik memboyong Scrambler ke Tanah Air demi memuaskan dahaga para penggemar moge di Indonesia.

"Penggemar moge begitu antusias dan menanyakan kapan Scrambler diboyong ke Indonesia. Saya sendiri belum dapat mengonfirmasi pemesanan karena masih menunggu harga resmi dari prinsipal di Italia dan menghitung harga jual di Indonesia," paparnya saat kegiatan Ducati Experience Day yang berlangsung di Sirkuit Sentul beberapa waktu silam.

Tak hanya Scrambler, Iwan pun membocorkan jika Supermoto Indonesia pun akan memboyong sebuah superbike terbaru dengan mesin berkapasitas 1.300 cc. Selain itu, model facelift dari Multistrada pun turut diboyong ke Indonesia.

3 dari 6 halaman

2. Honda

2. Honda

Pabrikan berlogo sayap mengepak ini dikenal memiliki banyak lini model dan varian sepeda motor untuk pasar Indonesia. Dalam menyambut tahun 2015, Honda dikabarkan akan menggenjot produksi di segmen sport.

Untuk mengejar ketertinggalannya di segmen sport, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM Honda di Indonesia pun beberapa waktu lalu membuka pabrik baru di Karawang dengan nilai investasi hingga Rp 1,9 triliun, Dikatakan, pabrik baru tersebut akan memproduksi motor tipe sport dan mulai beroperasi pada semester kedua 2015.

"Animo masyarakat di Indonesia terhadap sepeda motor berjenis sport semakin lama semakin meningkat. Hal tersebut terlihat dari pasar sepeda motor sport dari segmen 150 CC yang sangat besar dan segmen 250 CC yang terus mengalami pertumbuhan," ungkap Yoshige Nomura, President of Honda Racing Corporation di sela-sela kegiatan Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014 beberapa waktu lalu.

4 dari 6 halaman

3. Kawasaki

3. Kawasaki

Pabrikan sepeda motor yang identik dengan kelir hijau ini pada saat ajang IMoS 2014 lalu tidak sempat memamerkan superbike teranyarnya yakni Ninja H2. Meskipun begitu, Kawasaki melalui PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tetap akan memboyong Ninja H2 secara CBU.

"Setelah ajang EICMA, kami sebenarnya juga berkesempatan memboyong Ninja H2R untuk diperkenalkan pada ajang IMOS. Sayangnya, jeda waktu antara EICMA dan IMOS yang membuat tidak keburu untuk waktu shipment-nya," ungkap Michael Chandra Tanadhi, Deputy Department Head Sales Promotion Department Marketing Sales Division PT KMI beberapa waktu lalu.

Hadirnya Ninja H2 ini merupakan jawaban dari pihak prinsipal Kawasaki atas pasar Indonesia yang begitu besar dan potensial untuk sepeda motor dari segala tipe. Di Indonesia, Ninja H2 akan menjadi penantang utama dari Ducati Panigale yang telah hadir terlebih dahulu.

5 dari 6 halaman

4. Suzuki

4. Suzuki

Meskipun belum tersiar kabar mengenai produk baru dari pabrikan berlogo 'S' ini, bukan berarti membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berdiam diri menyambut datangnya tahun 2015.

Adapun strategi PT SIS dalam menyambut tahun 2015 adalah merilis varian terbaru Suzuki Satria FU150 dengan livery ala MotoGP dan White Fighter di ajang Suzuki Indonesia Challenge 2015 di Bandung, Jawa Barat pada 27 sampai 28 Desember 2014 lalu. 

Suzuki Satria FU150 ini mengusung tampilan dengan kelir Macho Bright Blue berikut corak khas GSX-RR yang turut serta di gelaran MotoGP musim 2015. Sementara itu, pada varian White Fighter mengusung kelir Brilliant White yang dikombinasikan dengan warna emas pada mesin maupun velg roda.

Menyoal harga, Suzuki membanderol Satria FU150 dengan livery MotoGP seharga Rp 19,955 juta, sedangkan  Satria FU150 White Fighter seharga Rp 19,825 juta on the road Jakarta.

6 dari 6 halaman

5. Yamaha

5. Yamaha

Pabrikan berlogo garputala ini pun menyambut tahun 2015 dengan mempersiapkan lini model anyar pada jenis bebek yakni Jupiter MX 150. Adapun motor bebek ini telah dirilis beberapa waktu lalu di Vietnam dengan nama Exciter 150.

Dikatakan Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Jupiter MX 150 ini bakal dilepas di antara Januari-Agustus 2015.

Adapun, Exciter 150 hadir dengan mesin kompresi 10.4:1 satu silinder, 4 tak berkapasitas 150 cc yang mampu memproduksi tenaga 15,4 horse power (HP) pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini