Sukses

Mobil Tanpa Sopir Audi Sanggup Jalan 885 Km

Mobil otonomos ini hanya bisa dipacu maksimal 100 km/jam.

Liputan6.com, San Fransisco - Audi menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan mobil tanpa sopir atau otonomos. Menyambut gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2015, pabrikan asal Jerman itu menguji mobil berteknologi otonomosnya  untuk melakukan perjalanan sejauh 885 km.

Mobil yang diadaptasi dari model Audi A7 itu diberinama 'Jack'. Agar bisa beroperasi tanpa sopir, mobil dilengkapi dengan radar yang bisa menjangkau objek di depan, serta dua radar di bagian belakang dan samping mobil.

Kemudian Audi turut menyematkan pemindai laser yang dibenamkan secara tersembunyi pada grill depan. Tak luput, mobil juga memiliki kamera tiga dimensi yang digunakan untuk membaca lingkungan sekitar.

Untuk menjalankan mode otonomos, terdapat dua tombil pada lingkar kemudi yang apabila ditekan secara bersamaaan akan mengganti mode mengemudi ke otonomos.

Dijelaskan, seluruh sensor yang terdapat pada Audi A7 ini dikalibrasi dan dapat berfungsi untuk membaca garis jalan. Mobil pun bisa menambah atau mengurangi kecepatan berdasarkan kondisi jalan. Untuk kecepatan, mobil otonomos ini hanya bisa dipacu maksimal 100 km/jam.

Hanya Diuji di Jalan Bebas Hambatan

Audi menjelaskan, mode otonomos ini baru bisa berjalan maksimal di jalan bebas hambatan. Ketika memasuki daerah perkotaan sistem akan memberi peringatan kepada pengemudi untuk mengambil alih kendali, jika tidak mobil secara otomatis akan menepi dan berhenti.

Pabrikan berlogo empat cincin ini mengklaim, fitur ini dinamakan sebagai Piloted Driving, yang bakal tersedia pada mobil-mobil Audi dalam beberapa tahun ke depan.

Adapun, perjalanan menuju tempat digelarnya CES ke-47 bakal memakan waktu selama dua hari. Sebelum melakoni perjalanan panjang dari San Fransisco, mobil otonomos ini telah mendapat izin dari Californian Departemen of Motor Vehicles.

"Kami ingin memerlihatkan bagaimana kendaraan berjalan sesuai dengan skenario ketika pengemudi enggan menyetir saat kondisi membosankan,"  tutur Head of Development Audi Daniel Lipinski seperti dilansir dari Thetelegraph, Selasa (6/1/2015).

Sementara, seorang pewarta yang ikut ambil bagian dalam pengujian ini menuturkan bahwa mobil otonomos Audi berfungsi sangat baik. Tak cuma bisa bermanuver dengan baik, penumpang yang berada di dalam mobil pun merasa nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini