Sukses

Toyota Eco Youth ke-9, Bentuk Peduli Lingkungan Anak Muda

Partisipasi para siswa SMA ini bisa ditunjukkan dengan membuat proposal untuk science project atau social project.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menunjukkan komitmennya untuk menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik. Kali ini, produsen Innova tersebut kembali menggelar Toyota Eco Youth edisi ke-9 yang menyasar pelajar SMA.

Toyota Eco Youth adalah kompetisi yang dibuat untuk membangun cara pandang generasi muda dan mengajak‎ terjun langsung untuk meningkatkan kualitas lingkungan. Gelaran ini sudah diadakan oleh Toyota sejak tahun 2005 dan telah melibatkan lebih dari 600 sekolah dan menghasilkan 750 proyek.

Untuk edisi tahun ini, Toyota Eco Youth mengusung konsep baru yang disebut Green Geoneration. Di mana, selain peserta dituntut untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekolah, mereka juga diharapkan mampu memberikan solusi terhadap masalah lingkungan di komunitas sekitar.

Adapun, partisipasi para siswa SMA ini bisa ditunjukkan dengan membuat proposal untuk science project atau social project. Kemudian dari seluruh proposal yang masuk, ‎juri akan memilih 20 tim dengan proposal terbaik dan akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop.

Adapula kompetisi lain bertema lingkungan yang bisa diikuti para pelajar, yaitu My Eco Shirt, My Eco Doodle, My Eco Anthem, My Eco Story, My Eco Meter, dan My Eco Pic.

Untuk aspek penilaian, proposal harus memiliki nilai berkelanjuta atas ide setelah diimplementasikan, memberikan manfaatkan atau solusi bagi lingkungan sekitar, melibatkan masyarakat sekitar sekolah dalam implementasi ide, dan orisinalitas ide dan inovasi yang ditawarkan.

Penilaian Toyota Eco Youth ke-9 ‎dijamin dilakukan secara terbuka. Kemudian pemenang tidak hanya mendapat bantuan dana tapi juga pengembangan project dan mendapat kesempatan ikut pelatihan singkat di Jepang.

Tahap sosialisasi

Sejauh ini, penyelenggaraan Toyota Eco Youth ke-9 ini tengah memasuki tahapan sosialisasi di 10 kota. Sementara pada hari ini (7/1) sosialisasi digelar di Restaurant Demang, Jakarta.

Sosialisasi di Jakarta merupakan rangkaian dari Toyota Eco Youth ke-9. Sebelumnya, PT TAM telah melakukan sosialisasi di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Manado, Makassar, juga Medan.

Direktur Finance and Administration PT TAM, Samuel Manasseh berharap, siswa SMA dapat lebih aktif untuk berpartisipasi dalam program Toyota Eco Youth ke-9.

"Semoga pula, Toyota Eco Youth ke-9 ini menjadi satu wadah bagi ide-ide kreatif dari generasi muda, demi tercapainya upaya perbaikan dan pelestarian lingkungan Indonesia, di masa sekarang dan masa depan," katanya.

Untuk pemenang, PT TAM menyiapkan total hadiah ‎sebesar Rp 660 juta. Adapun untuk tiga pemenang di masing-masing kategori akan mendapat hadiah uang tunai mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 70 juta.

Berikut Hadiah Pemenang Green Geoneration: 

Kategori Social Project dan Science Project : 

Juara 1: Rp 70 Juta

Juara 2 ‎: Rp 50 Juta

Juara 3 : Rp 30 Juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.