Sukses

BBM dan Dollar Fluktuatif, Harga Motor Honda Masih Stabil

PT AHM masih melakukan studi dan analisa mengenai penyesuaian harga jual sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2015 ditandai dengan naiknya harga kendaraan yang dilakukan oleh beberapa pabrikan di Indonesia. Kenaikan harga jual ini dipengaruhi oleh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar AS serta harga BBM yang sempat fluktuatif.

Meskipun begitu, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen sepeda motor Honda di Tanah Air belum menaikkan harga jualnya hingga saat ini. Menurut Thomas Wijaya, GM Sales Division AHM, pihaknya masih melakukan studi dan analisa mengenai penyesuaian harga jual sepeda motor.

"Kami masih melakukan study dan analisa. Kalaupun suatu saat akan melakukan penyesuaian, kami akan berusaha untuk menetapkan harga yang masih terjangkau bagi masyarakat. dan tidak memberatkan konsumen," ungkapnya saat dihubungi liputan6.com.

Lebih lanjut, Thomas memaparkan jika harga jual sepeda motor baru tidak hanya dipengaruhi oleh fluktuasi nilai tukar dan juga harga BBM.

Thomas pun menguraikan jika faktor-faktor yang menjadi pertimbangan produsen dalam menetapkan harga jual sepeda motor terdiri dari banyak hal yang diantaranya harga BBM terutama solar karena merupakan bahan bakar industri dan armada transportasi. Selain itu, kenaikan upah minimum serta tarif listrik dan pajak kendaraan baik regular maupun progresif di setiap daerah pun turut menyumbang kenaikan harga sepeda motor.

"Penyesuaian harga akan diusahakan untuk tidak memberatkan konsumen," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.