Sukses

Di 2015, Jualan Sepeda Motor Bergantung Pada Sektor Perkebunan

Wilayah yang berkontribusi cukup besar adalah Pulau Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan sepeda motor nasional pada tahun 2015 ini diprediksi cenderung stagnan. Meskipun ada pertumbuhan, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata memproyeksi pertumbuhannya berada di kisaran 0-5 persen.

"Tahun ini pertumbuhan penjualannya berada di daerah," kata Gunadi ketika dihubungi Liputan6.com.

Karena itu, penjualan roda dua nasional bakal tergantung pada sektor pertambangan dan perkebunan. Bila keduanya positif, Gunadi bakal berpengaruh pada industri kuda besi nasional.

"Yang sedikit masalah adalah penurunan harga komoditi di luar Jawa, seperti karet dan sawit. Kalau sektor tersebut turun, maka otomatis bakal memengaruhi daya beli dan sebaliknya," imbuh dia.

Berdasarkan data penjualan sepeda motor nasional sepanjang 2014, yang sebagaimana dirilis AISI, wilayah yang berkontribusi cukup besar adalah Pulau Sumatera. Di sana penjualan roda dua mencapai 1,44 juta unit atau merengkuh 18,33 persen dari total penjualan.

Selain Sumatera adapula Kalimantan dengan 548,3 ribu unit, Sulawesi 529 ribu unit, bali 341,3 unit, dan Papua 35,7 unit. Sedangkan Pulau Jawa masih mendominasi dengan 4,9 juta unit atau 62,66 persen dari total penjualan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini